INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL ANAK USIA DINI DI TK IT NURUL ISLAM YOGYAKARTA

RIZKA FATMAWATI SPDI, NIM. 1420430014 (2016) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL ANAK USIA DINI DI TK IT NURUL ISLAM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL ANAK USIA DINI DI TK IT NURUL ISLAM YOGYAKARTA)
1420430014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL ANAK USIA DINI DI TK IT NURUL ISLAM YOGYAKARTA)
1420430014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Lemahnya pemahaman tentang nilai-nilai PAI menyebabkan krisis moral yang berdampak pada sikap kurang terpuji,tawuran, tindak kriminal yang dilakukan oleh remaja bahkan tindak kriminalitas merambah dunia anak, anak bukan hanya sebagai korban tetapi pelaku kriminal.Berbagai upaya dalam dunia pendidikan telah dilakukan untuk mengembangkan mutu pendidikan sekolah hingga muncul sekolah bersistem full day yang berbasis keislaman. Pendidikan sebagai wahana menginternalisasikan nilai-nilai PAI sebagai landasan berfikir dan bertindak dalam mengatasi demoralisasi sehingga generasi penerus memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan mengambil latar belakang di TK IT Nurul Islam Yogyakarta. Subyek penelitian kepala sekolah, waka kurikulum, guru/ustadzah, peserta didik TK IT Nurul Islam Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu: klasifikasi data, reduksi data, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Teknik penyimpulan data dengan metode induktif yaitu mencari data sebanyak-banyaknya lalu disimpulkan (umum-khusus). Hasil penelitian pertama, pola internalisasi nilai-nilai PAI melalui sistem full day school adalah dengan menggunakan tiga proses yaitu kesediaan (compliance), indentifikasi (identification) dan internalisasi (internalization) pola lain yang digunakan untuk menginternalisasikan nilai adalah dengan konsep moral knowing, moral feeling dan moral action. Pola internalisasi ini diimplementasikan dalam sistem full day school yang bersifat integrated system ke semua program pendidikan. Kedua, Proses pelaksanaan pembelajaran internalisasi dilakukan dalam pembelajaran sentra sesuai tahapan integralistik dan menggunakan strategi meliputi strategi pembelajaran kontekstual, keteladanan, habituasi, game edukatif, dan metode yang mendukung. Keempat, hasil internalisasi nilai-nilai PAI meliputi peserta didik dapat mengamalkan nilai-nilai PAI baik dari nilai aqidah, ibadah dan berakhlak mulia. Anak menjadi gemar beribadah, gemar belajar, disiplin, kreatif, mampu hidup bersih dan sehat, mencintai lingkungan, gemar berbagi (shodaqoh), suka menolong, mandiri, bertutur kata santun, mampu menghargai, berakhlak islami namun masih terdapat anak yang belum terinternalisasi nilai karena pengaruh lingkungannya. Kelima, implikasi pembelajaran internalisasi nilai-nilai PAI melalui sistem full day shool yaitu pengembangan kurikulum lebih mengefektifkan hidden curriculum, terciptanya semangat juang yang tinggi bagi guru dan terciptanya kedekatan antara guru dan anak, waktu bersama orang tua berkurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Pendidikan Agama Islam, Sistem Full Day School, Anak Usia Dini
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Oct 2016 09:47
Last Modified: 06 Oct 2016 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22270

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum