PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SYUKUR DENGAN MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER SEBAGAI SARANA PROSES BELAJAR MANDIRI SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

MUSTOFA, NIM. 09410063 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SYUKUR DENGAN MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER SEBAGAI SARANA PROSES BELAJAR MANDIRI SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SYUKUR DENGAN MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER SEBAGAI SARANA PROSES BELAJAR MANDIRI SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
09410063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SYUKUR DENGAN MENGGUNAKAN WINDOWS MOVIE MAKER SEBAGAI SARANA PROSES BELAJAR MANDIRI SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
09410063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUSTOFA, Pengembangan Media Pembelajaran Materi Syukur Menggunakan Windows Movie Maker Sebagai Sarana Proses Belajar Mandiri Siswa di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah materi syukur yang terdapat dalam mata pelajaran pendidikan agama islam untuk kelas Delapan SMP merupakan materi untuk penguatan karakter peserta didik, maka untuk pendalaman materi perlu diadakan pengembangan media pembelajaran yang akan digunakan untuk pembelajaran mandiri, penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta karena : 1) Setiap kelas memiliki sarana dan prasarana yang mendukung pemutaran media video pembelajaran dikelas, 2) siswa mampu mengoperasikan alat pendukung media pembelajaran seperti smartphone, notebook/PC, dan akses internet gratis yang disediakan oleh sekolah untuk digunakan sebagai pemutar media video secara mandiri, 3) Sekolah memiliki ruang lab komputer yang bisa digunakan untuk pemutaran media pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah membuat pengembangan media pembelajaran materi syukur dan mengetahui kelayakan media pembelajaran pada materi syukur di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan jenis penelitain Research and Development (Penelitian dan Pengembangan), lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner/angket. Analisis data dilakukan dengan kriteria skor skala likert terhadap data yang telah dikumpulkan, sehingga dapat ditarik kesimpulan yang objektif. Hasil Penelitian dan Pengembangan: proses penelitian dan pengembangan media pembelajaran materi syukur dilakukan melalui empat tahapan yaitu: Perencanaan (Planning), desain (Design), pengembangan (Development), dan hasil pengembangan (Development Result). Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaran materi syukur berada pada rentang "Layak" untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar mandiri, jumlah responden 25 siswa diperoleh skor : Aspek Media 436, Aspek Instrusksional 848, Aspek Teknik 434, total skor 1718. Skor maksimal untuk satu responden 80, dan skor maksimal untuk 25 responden 25 x 80 = 2000. Skor total dari seluruh responden (1718/2000)X100%=86% yang berada pada rentang "Baik".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S. Ag. M. Pd.
Uncontrolled Keywords: SMP Muhammadiyah 3 YK, Media Pembelajaran, Penelitian dan Pengembangan PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Oct 2016 12:57
Last Modified: 07 Oct 2016 12:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22313

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum