HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KELAS XI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)

TIFANI KHOIRUNNISA, NIM. 11220058 (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KELAS XI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KELAS XI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA))
11220058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KELAS XI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA))
11220058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (860kB)

Abstract

terkait adakah hubungan positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya dengan motivasi belajar siswa (studi kasus XI di MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini ada satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah dukungan teman sebaya (X), sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar (Y). Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 149 siswa, sedangkan sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data utama berupa skala, sedangkan wawancara bebas dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data menggunakan teknik Chi Kuadrat untuk memperoleh hasil uji normalitas, dan studi korelasi Product Moment dari Pearson untuk memperoleh hasil uji hipotesis yakni dengan bantuan SPSS Version 17 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara dukungan teman sebaya dengan motivasi belajar (studi kelas XI di MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta), yang memiliki koefisien korelasi sebesar rxy= 0,372 sedangkan r tabel = 0,279, dengan N=50 pada taraf signifikansi 5%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa rxy (0,372) r tabel (0,279), dengan demikian maka hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan maka uji hipotesis diterima. Tetapi karena tingkat hubungan signifikansi dalam kategori rendah, maka dukungan teman sebaya hanya dapat mempengaruhi motivasi belajar sebesar 37,2% karena 62,8% lagi dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti cita-cita atau aspirasi, kemampuan belajar, kondisi siswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar, dan upaya guru membelajarkan siswa. Oleh katena itu, diharapkan ada penelitian lanjutan mengenai topik motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dukungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Oct 2016 08:52
Last Modified: 07 Oct 2016 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum