METODE PENDIDIKAN AKHLAK DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIK MENURUT MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI DALAM KITAB WASAYA AL-ABA’ LIL ABNA

BURHANALIMUSSIRRI, NIM. 09410118 (2016) METODE PENDIDIKAN AKHLAK DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIK MENURUT MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI DALAM KITAB WASAYA AL-ABA’ LIL ABNA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN AKHLAK DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIK MENURUT MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI DALAM KITAB WASAYA AL-ABA’ LIL ABNA)
09410118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN AKHLAK DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIK MENURUT MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARI DALAM KITAB WASAYA AL-ABA’ LIL ABNA)
09410118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)

Abstract

BURHAN ALIMUSSIRRI. Metode Pendidikan Akhlak dan Relevansinya bagi Pendidik menurut Muhammad Syakir Al-Iskandari dalam Kitab Waṣaya Al-Aba’ Lil Abna. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Penelitian ini didasarkan pada urgensi akhlak dalam kehidupan muslim dalam berbagai aspek kehidupan. Mengingat kepentingan tersebut, pendidikan akhlak haruslah dilaksanakan sejak dini, salah satunya melalui pendidikan formal di sekolah. Dalam pelaksanaanya, pendidikan akhlak yang dilakukan oleh para pendidik tidak saja bertumpu pada konten pendidikan namun juga metodologi pengajaran pendidikan akhlak. Bertolak dari metode pendidikan akhlak yang digunakan, seorang syeikh ternama yakni Syeikh Muhammad Syakir Al-Iskandari memiliki metode pendidikan akhlak tersendiri yang tersirat dari kitab beliau yakni Kitab Waṣaya Al-Aba’ Lil Abna. Namun demikian metode pendidikan akhlak tersebut perlu diuji relevansinya dengan metode pengajaran akhlak kontemporer mengingat metode pendidikan akhlak tersebut sebelumnya dikembangkan di kalangan pondok pesantren dan madrasah diniyah. Penelitian ini diharapkan menjadi sumbangan ilmiah mengenai metode pendidikan akhlak yang dapat dipetik dari kitab tersebut serta relevansi metode tersebut dengan metode pendidikan akhlak kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian kitab Waṣaya Al-Aba’ Lil Abna karangan Syeikh Muhammad Syakir Al-Iskandari yang didukung oleh beberapa buku lain. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan psikologis. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Dalam penelitian ini, kajian terfokus pada metode pendidikan akhlak dan relevansinya menurut Muhammad Syakir Al- Iskandari dalm kitab Waṣaya Al-Aba’ Lil Abna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kitab Waṣaya Al-Aba’ Lil Abna, metode pendidikan akhlak yang digunakan adalah sebagai berikut (1) Metode Nasehat, (2) Metode Pembiasaan, (3) Metode berkisah atau keteladanan, (4) Metode Dialog, (5) Metode perumpamaan dan perbandingan, (6) Metode Muhâsabah, (7) Metode Targhîb dan Tarhîb. Dalam kaitannya dengan metode pembelajaran akhlak kontekstual, metode dalam kitab tersebut memiliki relevansi dengan metode pendidikan akhlak kontekstual sehingga dapat digunakan pendidik dalam pengajaran akhlak di sekolah. Relevansi tersebut dipandang dari lima aspek yakni (1) Relevansi dengan tujuan, (2) Relevansi dengan bahan, (3) Relevansi dengan kemampuan guru, (4) Relevansi dengan keadaan peserta didik dan (5) Relevansi dengan situasi pengajaran. Dengan demikian, ketujuh metode pendidikan akhlak yang ditemukan pada kitab tersebut dapat diterapkan dalam pengajaran pendidikan akhlak di sekolah formal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, S.S., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode pendidikan akhlak, Waṣaya Al-Aba’ Lil Abna, Muhammad Syakir Al-Iskandari, Pendidik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Oct 2016 13:03
Last Modified: 07 Oct 2016 13:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22325

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum