KECEMASAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

HENI RODHOTUL KHUSNA, NIM. 12220030 (2016) KECEMASAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KECEMASAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12220030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KECEMASAN MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12220030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (738kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di ilatarbelakangi oleh kekhawatiran dan kecemasan mahasiswa semester akhir dalam menyelesaikan studi, kecemasan dan kekhawatiran tersebut dipengaruhi oleh belum jelasnya lapangan pekerjaan yang akan didapat setelah menyelesaikan studi, kebingungan dalam menyelesaikan skripsi, biaya yang dikeluarkan selama penyelesaian skripsi, desakan orang tua untuk selesai tepat waktu, serta kesibukan berorganisasi d isemester akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kecemasan dalam menyelesaikan studi dan cara untuk mengatasi kecemasan pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam angkatan 2012 untuk mengurangi kecemasan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan pada mahasiswa semester akhir Bimbingan dan Konseling Islam angkatan 2012 dalam menyelesaikan studi ada dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berupa, kondisi fisik, kondisi psikologis, kematangan berfikir (matur), sikap menghadapi problema hidup. Adapun faktor eksternal berupa, keadaan sosial (Lingkungan) dan ekonomi 2) cara yang dilakukan mahasiswa untuk mengurangi kecemasan yang berkaitan dengan faktor internal maupun eksternal adalah, mengaku dan mengungkapkan perasaan cemas (Sharing),berfikir positif, pengendalian diri, dukungan, dan istirahat sejenak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Irsyadunnas, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Mahasiswa Semester Akhir, Menyelesaikan Tugas Akhir.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Oct 2016 15:46
Last Modified: 07 Oct 2016 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum