METODE KONSELING INDIVIDU TERHADAP SISWA TERLAMBAT MASUK SEKOLAH DI MAN YOGYAKARTA 1

MARWAH RUSYDIANA, NIM. 12220055 (2016) METODE KONSELING INDIVIDU TERHADAP SISWA TERLAMBAT MASUK SEKOLAH DI MAN YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE KONSELING INDIVIDU TERHADAP SISWA TERLAMBAT MASUK SEKOLAH DI MAN YOGYAKARTA 1)
12220055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE KONSELING INDIVIDU TERHADAP SISWA TERLAMBAT MASUK SEKOLAH DI MAN YOGYAKARTA 1)
12220055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (848kB)

Abstract

Sunan Kalijaga. 2016. Latar belakang penelitian ini adalah siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan sekolah. Setiap siswa dituntut untuk dapat berperilaku disiplin sesuai dengan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah, salah satunya yaitu siswa harus datang ke sekolah sebelum pukul 07.00 WIB namun dalam kenyataannya masih banyak siswa yang datang ke sekolah setelah pukul 07.00 WIB. Berbagai upaya untuk meminimalisir jumlah siswa yang terlambat masuk sekolah sudah lakukan salah satunya dengan konseling individu. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan teknik konseling individu terhadap siswa yang terlambat masuk sekolah di MAN Yoyakarta 1. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara konseling individu terhadap siswa terlambat masuk sekolah di MAN Yogyakarta 1, yaitu pertama, konseling direktif yaitu Guru bimbingan dan konseling lebih aktif daripada siswa. Guru bimbingan dan konseling memberi saran, nasihat, motivasi, dan pemahaman-pemahaman tentang diri sendiri, aturan sekolah, dan agama kepada siswa agar tidak terlambat masuk sekolah lagi. kedua, konseling eklektif yaitu Siswa mencari alternatif solusi dan guru bimbingan dan konseling juga memberi saran namun keputusan penyelesaikan tetap dari siswa itu sendiri. Dengan begitu siswa akan lebih bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan dan menerima konsekuensi jika masih terlambat masuk sekolah lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Metode Konseling Individu, Siswa Terlambat Masuk Sekolah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Oct 2016 08:35
Last Modified: 10 Oct 2016 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum