EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DIPADUKAN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA

Rizka Khoerun Nisa, NIM. 11600014 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DIPADUKAN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DIPADUKAN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA)
11600014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DIPADUKAN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA)
11600014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan (2) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman relasional siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis dan pemahaman relasional siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah soal pretest dan soal posttest. Instrumen yang digunakan disusun berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis dan pemahaman relasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t independent sample t test terhadap nilai gain hasil tes, yaitu nilai posttest dikurangi nilai pretest dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadukan dengan metode Numbered Heads Together (NHT) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman relasional siswa. Kata Kunci : Learning Cycle 7E, Number Heads Together, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Relasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Mulin Nu’man, M.Pd 2. Nurul Arfinanti, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 7E, Number Heads Together, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Relasional
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2016 08:08
Last Modified: 02 Dec 2016 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum