PROBLEMATIKA SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI KASUS 4 SISWA KELAS X11 AGAMA MAN WONOKROMO BANTUL, YOGYAKARTA)

IKA ARIYATI, NIM. 12220110 (2016) PROBLEMATIKA SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI KASUS 4 SISWA KELAS X11 AGAMA MAN WONOKROMO BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI KASUS 4 SISWA KELAS X11 AGAMA MAN WONOKROMO BANTUL, YOGYAKARTA))
12220110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI KASUS 4 SISWA KELAS X11 AGAMA MAN WONOKROMO BANTUL, YOGYAKARTA))
12220110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengungkapkan problematika apa saja yang dialami oleh siswa kelas XII Agama MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika menghafal Al-Qur’an yang dialami siswa kelas XII Agama MAN Wonokromo Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 siswa kelas XII IIK yang menghafal Al-Qur’an di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta dan satu guru Tahfidz MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi siswa kelas XII Agama MAN Wonokromo dalam menghafal Al-Qur’an masuk pada problematika individu dan problematika sosial. Berikut beberapa masalah yang masuk pada problematika individu: tidak dapat membagi waktu dengan baik, lupa terhadap Ayat yang dihafal, sulitnya membedakan Ayat-ayat yang serupa, gangguan asmara, sukar mengulang hafalan, melemahnya semangat menghafal, dan tidak istiqomah dalam menghafal. Sedangkan masalah yang masuk pada problematika sosial adalah lingkungan tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H Abdullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Problematika, Menghafal Al-Qur’an.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Oct 2016 08:49
Last Modified: 10 Oct 2016 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum