HANANINGTYAS ANDARINI, NIM. 12680011 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING (REACT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING (REACT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA)
12680011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MODEL RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING (REACT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA)
12680011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1) Pembelajaran kontekstual model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) terhadap motivasi belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta, 2) Pembelajaran kontekstual model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Experimental tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 14 Yogyakarta yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling. Adapun kelas yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas VII B (kelas kontrol) dan kelas VII C (kelas eksperimen). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data tes dan angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney U-Test untuk motivasi belajar, dan uji Independent Sample T-Test untuk hasil belajar. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tidak ada pengaruh pembelajaran kontekstual model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) terhadap motivasi belajar siswa, dengan hasil uji statistik Mann Whitney U-Test sebesar 0,098 (> 0,05). 2) Tidak ada pengaruh pembelajaran kontekstual model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) terhadap hasil belajar siswa, dengan uji statistik Independent Sample T-Test pada hasil posttest diperoleh hasil t hitung sebesar -0,522 < (2,002) dengan nilai P value (sig) sebesar 0,604 < (0,05).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Eka Sulistyowati, M. A., M |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Kontekstual, Model REACT, Motivasi, Hasil |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1) |
Depositing User: | Drs. Bambang Heru Nurwoto |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 09:12 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 09:12 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22384 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |