PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS X SMA/MA

KHAIRAWATI, NIM. 11690022 (2016) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS X SMA/MA)
11690022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KONTEN INTEGRASI-INTERKONEKSI PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK KELAS X SMA/MA)
11690022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengembangkan modul fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konten integrasi-interkoneksi pada materi alat-alat optik, (2) Mengetahui kualitas modul fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konten integrasi-interkoneksi pada materi alat-alat optik, (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap modul fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konten integrasi-interkoneksi pada materi alat-alat optik, dan (4) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konten integrasiinterkoneksi pada materi alat-alat optik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur penelitian pengembangan menurut Thiagrajan, Semmel, dan Semmel. Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develope pada uji coba luas. Pada uji coba terbatas dan luas juga dilakukan uji keterlaksanaan. Instrumen penelitian berupa lembar kritik dan saran untuk validator, lembar penilaian kualitas modul menggunakan skala Likert dalam bentuk checklist untuk ahli materi, ahli media dan guru fisika, dan lembar angket respon peserta didik menggunakan skala Likert dalam bentuk checklist untuk peserta didik, serta lembar observasi pada uji coba menggunakan skala Guttman dalam bentuk checklist untuk observer saat mengobservasi keterlaksanaan dalam uji coba terbatas dan uji coba luas. Hasil penelitian yang telah dikembangkan berupa modul fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konten Integrasi-Interkoneksi pada materi alat-alat optik kelas X SMA/MA. Kualitas modul fisika yang dikembangkan menurut ahli materi, ahli media, dan guru fisika SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata keseluruhan secara berurutan yaitu 3,45, 3,54, 3,54. Respon peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta terhadap modul fisika yang dikembangkan baik dalam uji coba terbatas maupun uji coba luas termasuk dalam kategori Sangat Setuju (SS) dengan skor rata-rata keseluruhan 3,37 dan 3,52. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul fisika dalam uji coba terbatas maupun uji coba luas termasuk dalam kategori Ya atau Terlaksana dengan perolehan skor rata-rata keseluruhan 0,67 dan 0,8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konten Integrasi- Interkoneksi pada materi alat-alat optik yang dikembangkan dapat menjadi pedoman dalam proses pembelajaran untuk peserta didik Kelas X SMA/MA. KATA KUNCI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Modul fisika, Problem Based Learning (PBL), Integrasi- Interkoneksi, alat-alat optik.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Oct 2016 11:17
Last Modified: 11 Oct 2016 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22397

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum