EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG

TRI SUKMONO, NIM. 12690012 (2016) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG)
12690012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG)
12690012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Think-Pair-Share (TPS) dengan menggunakan media video untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan Nonequivalent Control group Design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa metode pembelajan Think-Pair-Share (TPS) dengan menggunakan media video serta variabel terikat berupa kemampuan kognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Muhammadiyah Sarwodadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes dengan instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest. Teknik analisa data yang digunakan statistik parametrik, Normalized-gain (N-gain), dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menguunakan Think- Pair-Share (TPS) dengan menggunakan media video efektif terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi getaran dan gelombang. Kriteria keefektifan mengacu pada 75% dari jumlah siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 60 dan hasil N-gain yang signifikan. Berdasarkan skor posttest, 78% dari jumlah siswa memperoleh nilai lebih besar sama dengan 60, N-gain sebesar 0,50 (kategori sedang) dan hasil uji effect size sebesar 0,75 (perbedaan peningkatan cukup signifikan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Think-Pair-Share (TPS), video, kemampuan kognitif, getaran dan gelombang.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Oct 2016 12:12
Last Modified: 11 Oct 2016 12:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22402

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum