ANALISIS PENGUMPULAN, PENDISTRIBUSIAN, PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH DI LAZIS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Nadiyyah Ratna Yuniar, NIM 12240031 (2016) ANALISIS PENGUMPULAN, PENDISTRIBUSIAN, PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH DI LAZIS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGUMPULAN, PENDISTRIBUSIAN, PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH DI LAZIS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
12240031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGUMPULAN, PENDISTRIBUSIAN, PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH DI LAZIS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
12240031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB)

Abstract

Nadiyyah Ratna Yuniar (12240031). Di negara Indonesia lembaga amil zakat pada saat ini sudah berkembang secara pesat, baik yang dikelola oleh lembaga swasta maupun lembaga pemerintah, tetapi masih perlu diperdayakan lagi potensi dana zakat tersebut yang tidak hanya sebagai bentuk kewajiban tetapi juga untuk memberantas kemiskinan. Zakat bagi perkembangan ekonomi umat Islam merupakan suatu bagian yang sangat penting karena melalui zakat, infak, shodaqoh, dapat meningkatkan perekonomian umat. LAZIS Muhammadiyah Yogyakarta merupakan salah satu lembaga amil zakat, infak, shodaqoh sekaligus sebagai lembaga sosial. Konsep dasar fiqh untuk zakat, infaq dan shodaqoh yang digunakan untuk sistem ekonomi Islam dikaji dari al-Qur’an dan al-Hadist sebagai sumber utama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana analisis pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat, infaq dan shodaqoh yang dikelola oleh Lembaga Amil Zakat (LAZ) LAZIS Muhammadiyah untuk memeratakan ekonomi umat sebagai bagian dari kepedulian dan memberantas kemiskinan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan metode penelitian kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi di LAZIS Muhammadiyah Yogyakarta untuk mengetahui fakta dan kebenaran dari sumber data tentang penelitian tersebut. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pengumpulan, pendistribusian, pendayagunaan dana zakat, infaq dan shodaqoh di LAZIS Muhammadiyah Yogyakarta sudah sesuai dengan undang-undang dalam ketentuan kementrian agama dan sistem ekonomi Islam, namun pengawasan terhadap pemberian modal usaha kepada mustahiq harus lebih diperhatikan. Kata Kunci : Pengumpulan, Pendistribusian, Pendayagunaan, LAZIS Muhammadiyah Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Toriq Nurmadiansyah, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengumpulan, Pendistribusian, Pendayagunaan, LAZIS Muhammadiyah Yogyakarta
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2016 11:39
Last Modified: 29 Nov 2016 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum