KEBIJAKAN PEMDA KAB. GUNUNGKIDUL DALAM MENANGGULANGI KEKERINGAN DI DESA GIRISUKO, KECAMATAN PANGGANG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY

MUHAMMAD SHIDIQ ZULFIKAR, NIM. 11370075 (2016) KEBIJAKAN PEMDA KAB. GUNUNGKIDUL DALAM MENANGGULANGI KEKERINGAN DI DESA GIRISUKO, KECAMATAN PANGGANG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PEMDA KAB. GUNUNGKIDUL DALAM MENANGGULANGI KEKERINGAN DI DESA GIRISUKO, KECAMATAN PANGGANG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY)
11370075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PEMDA KAB. GUNUNGKIDUL DALAM MENANGGULANGI KEKERINGAN DI DESA GIRISUKO, KECAMATAN PANGGANG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY)
11370075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bencana kekeringan merupakan fenomena yang sering terjadi di Kabupaten Gunungkidul saat musim kemarau, karena daerahnya mempunyai karakteristik geografi yang tersusun dari batu gamping yang menyebabkan cadangan air tersimpan dalam tanah yang cukup dalam. Dalam hal ini Pemda Kabupaten Gunungkidul mempunyai peran dan tanggung jawab yang besar dalam menanggulangi permasalahan kekeringan daerahnya. Oleh karena itu diperlukanya implementasi dalam kinerja yang nyata terkait Perda Daerah Kabupaten Gunungkidul Pasal 32 No. 6 Tahun 2011. Dalam perda ini secara garis besar berisi mengenai letak wilayah yang sering dilanda bencana kekeringan/ rawan kekeringan yang akan ditangani secara khusus oleh Pemda Kabupaten Gunungkidul. Terkait kebijakan yang sudah terbentuk tersebut, maka bentuk partisipasi masyarakat dan elemen masyarakat yang lainnya sangatlah membantu dalam memberikan saran dan kritik terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul. Dengan sistem desentralisasi maka wewenang Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mempunyai otoritas dalam menentukan sikap untuk merealisasikan Perda Kabupaten Gunungkidul yang sudah terbentuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan normatif dan bersifat deskriptif-analitik. Selain itu, penelitian ini akan meninjau permasalahan dengan teori layanan publik dan maslahah mursalah. Pada kebijakan ini ada beberapa prinsip yang menjadi pokok pembahasan. Pertama, implementasi Perda Kabupaten Gunungkidul Pasal 32 No. 6 Tahun 2011 dalam memberikan layanan publik. Kedua, tinjauan maslahah mursalah terhadap kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penanggulangan kekeringan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dengan mengeluarkan Perda Pasal 32 No. 6 Tahun 2011 sudah efektif. Hal tersebut terbukti dengan adanya program PAH dan Droping Air yang efisien dalam mengatasi masalah kekeringan saat musim kemarau tiba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. OMAN FATHUROHMAN SW, MA 19570302 198503 1 002
Uncontrolled Keywords: Kekeringan, Layanan Publik , Maslahah Mursalah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Oct 2016 10:55
Last Modified: 14 Oct 2016 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22455

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum