PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF DARUSSHOLIHIN SLEMAN YOGYAKARTA

FIAN ARYA SUSILA, NIM. 09410145 (2016) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF DARUSSHOLIHIN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF DARUSSHOLIHIN SLEMAN YOGYAKARTA)
09410145_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF DARUSSHOLIHIN SLEMAN YOGYAKARTA)
09410145_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FIAN ARYA SUSILA. Penerapan Metode Problem Solving Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak untuk Mengembangkan Karakter Nasionalisme Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Darussholihin Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan terhadap metode pembelajaran yang digunakan oleh guru Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Ma’arif Darussholihin. Tujuan dari penggunaan metode problem solving adalah untuk mengembangkan karakter nasionalisme siswa sehingga terhindar dari paham-paham radikal yang membahayakan karakter peserta didik. Hal tersebut didasari juga pemikiran tentang keberagaman Bangsa Indonesia yang sangat rentan terhadap perpecahan baik faktor dari dalam terlebih lagi faktor dari luar yang sangat membahayakan generasi muda. MTs Ma’arif Darussholihin yang memiliki basic pesantren, berupaya mengintegrasikan karakter islami dan karakter nasionalisme, sehingga peserta didik juga memiliki rasa cinta terhadap tanah air melalui pengintegrasian kedua karakter tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MTs Ma’arif Darussholihin Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, menyusun data dalam satuan- satuan, mengkategorikan, kemudian yang terakhir adalah mengadakan pemeriksaan keabsahan data dan menafsirkannya. Penelitian ini mengambil sample kelas VIII yaitu sebanyak 48 siswa yang terbagi dalam 2 (dua) kelas putra dan putri. Aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah penerapan metode problem solving pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan karakter nasionalisme siswa dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode problem solving cukup berhasil mengembangkan karakter nasionalisme siswa, yang dibuktikan dari hasil observasi yang memperlihatkan sikap keseharian peserta didik yang mencerminkan sikap nasionalisme, seperti tanggungjawab, toleransi, berjiwa sosial yang tinggi serta sikap-sikap lainnya terutama pengetahuan mereka akan paham radikalisme. Selain itu, didukung dengan hasil wawancara kepada guru akidah akhlak yang menyatakan bahwa peserta didik bisa memahami pentingnya karakter nasionalisme terutama untuk menangkal dari segala bentuk radikalisme. Peserta didik juga mengatakan hal yang tidak bertentangan dengan apa yang dirasakan oleh guru Akidah Akhlak, bahwa mereka mengetahui pentingnya karakter nasionalisme karena mereka tahu bahwa mereka hidup di negara yang bineka dalam berbagai hal, seperti multireligius, adat, karakter, suku, bahasa dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:05
Last Modified: 17 Oct 2016 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum