STRATEGI PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI

IBNU ROCHMAN, NIM. 12490001 (2016) STRATEGI PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI)
12490001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGELOLAAN BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DALAM MENGOPTIMALKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMPN 1 PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI)
12490001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ibnu Rochman, Strategi Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah dalam Mengoptimalkan Media Pembelajaran di SMPN 1 Pajangan Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah di SMPN 1 Pajangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah dalam mengoptimalkan media pembelajaran di SMPN 1 Pajangan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMPN 1 Pajangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara yang mendalam. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara trianggulasi sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan : (1) strategi pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah dalam mengoptimalkan media pembelajarandapat dilihat dari beberapa tahapan (a) perencenaan anggaran (bugetting) (b) pengadaan anggaran (c) pengalokasian anggaran (Allocating) (d) penggunaan/pembelanjaan anggaran yang digunakan untuk pengadaan, pemanfaatan dan perawatan media pembelajaran (e) pembukuan (accounting) (f) pengawasan dan pertanggungjawaban (accountabily report) (2) Problematika Strategi Pengelolaan Bantuan Operasionala Sekolah adalah: (a)guru tidak mau aktif berpartisipasi dalam proses pembuatan RKAS (b) media pembelajaran yang rusak pada saat tahun anggaran sudah berjalan (c) kurangnya pemahaman guru tentang Juknis penggunaan dana BOS (d).beberapa guru tidak dapat mengoperasikan media pembelajaran (e) kurangnya pegawai yang dapat memperbaiki media pembelajaran yang rusak. (3) Upaya Mengatasi Problematika Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah adalah : (a) adanya komunikasi antara guru dengan bendahara BOS (b) mengatur keuangan, mendahulukan media pembelajaran yang lebih penting dan akan segera dipakai (c) perpustakaan menambah bahan bacaan (d) memberikan bimbingan kepada guru tentang cara penggunaan media pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Naimah M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan BOS, Media Pembelajaran
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Oct 2016 13:32
Last Modified: 17 Oct 2016 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22468

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum