PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZ BERJENJANG UNTUK MENCETAK PENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA

AHMAD HAWIN IBNU SALAM, NIM. 09410189 (2016) PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZ BERJENJANG UNTUK MENCETAK PENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZ BERJENJANG UNTUK MENCETAK PENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA)
09410189_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZ BERJENJANG UNTUK MENCETAK PENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA)
09410189_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)

Abstract

AHMAD HAWIN IBNU SALAM. Penerapan Program Tahfidz Berjenjang Untuk Mencetak Penghafal Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah adanya proses pembelajaran pada program tahfidz di sekolah atau madrasah yang sudah berjalan, hanya mengandalkan pada saat kegiatan belajar-mengajar (KBM) berlangsung. Program tahfidz yang ada di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta menerapkan program tahfidz yang dinamakan dengan program tahfidz berjenjang. Program ini mengintegrasikan antara proses pembelajaran di madrasah dan pesantren. Selain itu, program yang diselenggarakan berlangsung secara berkelanjutan mulai dari tingkat tsanawiyah, aliyah, dan perguruan tinggi. Adapun permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan program tahfidz berjenjang, bagaimana keefektifan program tahfidz berjenjang, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan program tahfidz berjenjang di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MA Sunan Pandanaran Yogyakarta. Pengumupulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni menurut Milles dan Huberman dalam Sugiyono yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Uraian tentang program tahfidz berjenjang di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta. (2) Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap nilai yang diperoleh siswa kelas X dan XI MA Sunan Pandanaran dalam pembelajaran tahfidz menunjukkan bahwa 95,48 % siswa yang nilainya mencapai KKM. Oleh karena itu, program ini telah berjalan efektif. (3) Faktor-faktor pendukung penerapan program tahfidz berjenjang adalah lokasi madrasah dan pesantren yang nyaman, jumlah SDM atau guru atau badal sesuai dengan kebutuhan, kualitas bacaan bagus dan target hafalan tercapai, perencanaan kurikulum yang matang, integrasi dengan pesantren/asrama, penggunaan metode pembelajaran yang bagus, sanad al-Qur‟an jelas hingga Rasululloh SAW, penggunaan media pembelajaran, kondisi lingkungan yang bernuansa qur‟ani , berprestasi di ajang perlombaan, tingginya minat orangtua dan masyarakat, kerjasama dan kemitraan sekolah, beasiswa tahfidz. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan kemampuan membaca dan menghafal al- Qur‟an serta motivasi siswa dalam menghafal al-Qur‟an kurang stabil, kegiatan lain yang menghambat, evaluasi program, kompetitor sejenis, orangtua/wali yang kurang memberi kepercayaan pada madrasah/pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Menghafal al-Qur‟an, Tahfidz Berjenjang, Efektifitas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:06
Last Modified: 17 Oct 2016 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22471

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum