TRANSFORMASI NILAI-NILAI AJARAN TAREKAT DI LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL (STUDI KASUS DI MA IHSANNIAT PESANTREN ATTAHDZIB NGORO JOMBANG)

MUHAMMAD SYAFA’, NIM. 10410133 (2016) TRANSFORMASI NILAI-NILAI AJARAN TAREKAT DI LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL (STUDI KASUS DI MA IHSANNIAT PESANTREN ATTAHDZIB NGORO JOMBANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRANSFORMASI NILAI-NILAI AJARAN TAREKAT DI LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL (STUDI KASUS DI MA IHSANNIAT PESANTREN ATTAHDZIB NGORO JOMBANG))
10410133_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TRANSFORMASI NILAI-NILAI AJARAN TAREKAT DI LEMBAGA PENDIDIKAN FORMAL (STUDI KASUS DI MA IHSANNIAT PESANTREN ATTAHDZIB NGORO JOMBANG))
10410133_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD SYAFA’. Transformasi Nilai-Nilai Ajaran Tarekat di Lembaga Pendidikan Formal (Studi Kasus MA Ihsanniat Pesantren Attahdzib Ngoro Jombang). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah: hadirnya teknologi telah memberikan dampak negatif bagi sebagian orang yang tidak dapat memanfaatkannya dengan baik. Selain itu zaman modern yang dianggap sebagai penyebab seseorang terjebak pada pola hidup materialistik-hedonistik yang mendorong dirinya lebih banyak menghabiskan hidupnya untuk mencari kepuasan yang bersifat materi, berbagai kesibukan mencari materi seringkali membuat seseorang bersikap acuh terhadap kewajibannya terhadap Tuhan hingga membuat dirinya terasa tidak memiliki waktu membuka hati untuk sekedar berkomunikasi dan menghamba pada Tuhannya. Fenomena tersebut juga tengah dialami oleh sebagian remaja. melalui penelitian ini akan terkuak bagaimana ajaran tarekat yang selama ini identik dengan kegiatan orang-orang berusia tua mampu ditransformasikan pada generasi muda yang masih mengenyam pendidikan formal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ajaran (nilai dan ritual) tarekat yang berkembang dan transformasi nilai-nilai ajaran tarekat di MA Ihsanniat Pesantren Attahdzib Ngoro Jombang. Sedangkan manfaatnya bagi lembaga sekolah dan guru adalah dapat dijadikan sebagai kerangka acuan dalam menentukan kebijakan agar selalu meningkatkan pembelajaran dan mengenalkan ilmu tasawuf terutama tarekat yang berkembang di MA Ihsanniat kepada siswa sehingga siswa mempunyai kecerdasan umum dan kecerdasan spiritual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MA Ihsanniat Pesantren Attahdzib Ngoro Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan denga metode deskriptif-kualitatif yaitu menginterpretasikan data yang telah diperoleh ke dalam bentuk kalimat-kalimat. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tarekat yang berkembang di Pesantren Attahdzib adalah tarekat Wahidiyah. Tarekat Wahidiyah berisi tentang rangkaian Shalawat Wahidiyah sebagai ajaran pokok, Panca Ajaran pokok Wahidiyah sebagai perangkat sistem ajaran, Tradisi mujahadah dan etikanya sebagai bentuk implementasinya. Dan nilai-nilai yang berkembang adalah sesuai dengan Panca ajaran pokok kewahidiyahan yaitu Tawakal, Sabar, Ridha atau Rela, serta Zuhud (2) transformasi ajaran nilai-nilai ajaran tasawuf di MA Ihsanniat melalui tiga jalur yaitu, melalui kurikulum/materi pelajaran kewahidiyahan, melalui kegiatan rutinitas dan kegiatan tentatif, dan melalui Diklat dan penugasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:16
Last Modified: 17 Oct 2016 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum