GAGASAN A.J CROPLEY TENTANG KONSEP LIFELONG EDUCATION DALAM PERSPEKTIF PAI

HASBI BIMOSEKTI, NIM. 10410150 (2016) GAGASAN A.J CROPLEY TENTANG KONSEP LIFELONG EDUCATION DALAM PERSPEKTIF PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAGASAN A.J CROPLEY TENTANG KONSEP LIFELONG EDUCATION DALAM PERSPEKTIF PAI)
10410150_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (GAGASAN A.J CROPLEY TENTANG KONSEP LIFELONG EDUCATION DALAM PERSPEKTIF PAI)
10410150_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

HASBI BIMOSEKTI. Gagasan A.J Cropley Tentang Konsep Lifelong Education/Pendidikan Seumur Hidup dalam Perspektif PAI. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelian ini adalah hal yang menarik dari konsep Life Long Education atau Pendidikan seumur hidup telah diusulkan sebagai konsep induk untuk pengembangan pendidikan dunia berkembang dan maju masa ini. Pendidikan seumur hidup berfungsi sebagai garis petunjuk untuk pengembangan pendidikan masa depan. Pendidikan seumur hidup juga penting untuk menunjukan prinsip-prinsip baru yang ia miliki, dan cara apa yang relevan dengan isu pendidikan modern. Dalam penelitian ini akan diteliti bagai mana konsep pendidikan seumur hidup menurut A.J Cropley jika dilihat dari sudut pandang PAI. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang konsep lifelong education A.J Cropley dalam perspektif pendidikan islam. agar dapat memberikan gagasan lain mengenai pendidikan pada umumnya. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yakni jenis penelitian yang berusaha menghimpun data penelitian dari khasanah literatur dan menjadikan "dunia teks" sebagai objek utama analisisnya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, gagasan Lifelong Education menurut A.J Cropley mencakup: (a) suatu tujuan atau ide yang memuat prinsip-prinsip mengorganisir persekolahan untuk membantu proses belajar seumur hidup. Konsep ini merupakan sebuah konsep dasar pendidikan yang menuntut adanya kesadaran dan semangat yang datang dari dalam diri seseorang untuk dapat membina dan mengembangkan dirinya sepanjang hayat terkait dengan bertambahnya kebutuhan belajar dan pendidikan seseorang., (b) Unsur-unsur pendidikan seumur hidup mencakup semua kemungkinan pendidikan termasuk pendidikan formal, informal, maupun non formal. Kedua, konsep pendidikan dalam islam mencakup: (a) konsep perkembangan manusia, fitrah manusia dalam mencari ilmu, dan termasuk didalamnya pendidikan seumur hidup Ketiga, perspektif Islam dalam lifelong education A.J Cropley adalah: (a) Lifelong education tidak dipakai secara khusus dalam khasanah pendidikan islam, namun penggunaannya dalam prinsip mencari ilmu, peranan pendidik/mursyid/guru, posisi murid/peserta didik banyak dibahas didalamnya ,(b) Konsep Lifelong education A.J Cropley memiliki relevansi yang selaras dengan pendidikan Islam, terutama pandanganya bahwa belajar tak mengenal waktu dan berlaku untuk semua, perbedaanya hanya cropley ingin menerapkannya dalam lingkup pendidikan formal persekolahan. dan dapat saling melengkapi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: A.J Cropley, Konsep Lifelong Education, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:19
Last Modified: 17 Oct 2016 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22479

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum