IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL)

KHOLIFATUR RAHMAN, NIM. 10410154 (2016) IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL))
10410154_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (STUDI KASUS DI SMK N 1 SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL))
10410154_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

KHOLIFATUR RAHMAN. Implikasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Studi kasus di SMK N 1 Saptosari, Gunung kidul). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai usaha perbaikan terhadap berbagai permasalahan pembelajaran PAI. Salah satu yang dapat dilakukan guru sebagai fasilitator adalah memilih model pembelajaran yang tepat. Beragam model pembelajaran telah banyak digunakan, namun penggunaan model pembelajaran yang mengaitkan materi dengan realitas yang terjadi di lingkungan sekitar dan mampu mengembangkan kemampuan siswa untuk dapat berpikir kritis dalam menghadapi masalah-masalah yang ada sekarang masih sedikit untuk digunakan. Salah satu model pembelajaran yang memungkinkan dikembangkannya keterampilan berpikir siswa dalam memecahkan masalah adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta implikasinya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian field risearch yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar SMK N 1 Saptosari. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif-kualitatif yaitu menginterpretasikan data yang telah diperoleh ke dalam bentuk kalimat-kalimat. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Secara operasional pembelajaran PAI dengan model PBL dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Pertemuan pertama guru memberikan materi-materi dasar tentang materi Fiqh perkawinan yang telah dipilih dan disiapkan oleh guru. Pada akhir pembelajaran pertama guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari informasi tentang masalahmasalah nyata yang terjadi berkaitan dengan materi perkawinan. Pada pertemuan kedua guru meminta siswa untuk mendiskusikan dan mempresentasikan informasi yang telah dicari dengan cara debat aktif. (2) Penerapan model PBL dalam pembelajaran PAI memberikan implikasi yang positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yaitu: siswa mampu merumuskan masalah pembelajaran, siswa mampu menganalisis permasalahan, siswa menggunakan bahasa yang jelas dan siswa mampu menarik kesimpulan pembelajaran. Implikasi yang positif ini akan menjadi bekal bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:20
Last Modified: 17 Oct 2016 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum