PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO

ARI REZA WICAKSONO, NIM. 12410039 (2016) PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO)
12410039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 2 WONOSOBO)
12410039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ARI REZA WICAKSONO. Perbandingan Metode Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dengan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Karakter Siswa di SMA Negeri 2 Wonosobo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya ketrampilan guru dalam menerapkan metode pembelajaran karakter di kelas. Peneliti mencoba membandingan metode pembelajaran karakter yang diterapkan guru Pendidikan Agama Islam dan guru Pendidikan Agama Kristen. Dengan mengetahui bagaimana perbedaan dan persamaanya, serta bagaimana kelebihan dan kekurangan keduanya, diharapkan akan menambah khazanah bagi keduanya maupun untuk guru lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Wonosobo. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari guru Pendidikan Agama Islam dan guru Pendidikan Agama Kristen. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Metode pembelajaran karakter yang diterapkan guru PAI di SMA Negeri 2 Wonosobo yaitu metode tutor sebaya, metode berbagi pengalaman, metode observasi, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode penayangan video, metode diskusi, dan metode ceramah. Metode pembelajaran karakter yang diterapkan guru PAK di SMA Negeri 2 Wonosobo yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode bercerita, dan metode demonstrasi. Persamaan metode pembelajaran guru PAI dan PAK metode pembelajaran yang pertama dipakai adalah metode ceramah, memakai Kitab Suci untuk pedoman, menggunakan metode tanya jawab, meyebutkan sifat Tuhan, dan menggunakan metode demonstrasi. Sementara perbedaanya yaitu didalam pembacaan ayat suci guru PAI melibatkan siswa berpartisipasi sedangkan guru PAK tidak, dalam menyebut sifat Tuhan guru PAI mengajak siswa berpartisipasi sedangkan di pembelajaran PAK tidak, waktu yang digunakan guru PAI untuk metode ceramah hanya sekitar 40% sedangkan guru PAK 75%, guru PAI lebih sering melibatkan siswa ke dalam pembelajaran sedangkan PAK guru lebih dominan, dan dalam proses tanya jawab PAI melakukanya setelah guru selesai menyampaikan materi sedangkan guru PAK melakukanya di tengah-tengah proses tanya jawab. Kelebihan metode pembelajaran karakter PAI yaitu: metode pembelajaran lebih bervariatif, guru PAI lebih melibatkan siswa langsung ke pembelajaran, dan guru PAI tidak terlalu mendominasi jalanya pembelajaran di kelas. Kelebihan dari metode pembelajaran PAK yaitu mampu ceramah yang diberikan baik. Kekurangan metode pembelajaran karakter PAK yaitu: metode pembelajaran kurang bervariasi, guru kurang melibatkan siswa di dalam pembelajaran, dan guru PAK terlalu mendominasi pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:23
Last Modified: 17 Oct 2016 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22482

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum