PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM USAHA-USAHA PENCEGAHAN POST POWER SYNDROME UNTUK PESERTA DIDIK USIA LANJUT DI SEKOLAH PRA DAN LANSIA GOLDEN GERIATRIC CLUB YOGYAKARTA

IRFAN HAMDI, NIM. 12410051 (2016) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM USAHA-USAHA PENCEGAHAN POST POWER SYNDROME UNTUK PESERTA DIDIK USIA LANJUT DI SEKOLAH PRA DAN LANSIA GOLDEN GERIATRIC CLUB YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM USAHA-USAHA PENCEGAHAN POST POWER SYNDROME UNTUK PESERTA DIDIK USIA LANJUT DI SEKOLAH PRA DAN LANSIA GOLDEN GERIATRIC CLUB YOGYAKARTA)
12410051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM USAHA-USAHA PENCEGAHAN POST POWER SYNDROME UNTUK PESERTA DIDIK USIA LANJUT DI SEKOLAH PRA DAN LANSIA GOLDEN GERIATRIC CLUB YOGYAKARTA)
12410051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

IRFAN HAMDI. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Usaha-usaha Pencegahan Post Power Syndrome untuk Peserta Didik Usia Lanjut di Sekolah Pra dan Lansia Golden Geriatric Club Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa banyak para lansia hidup dalam kesendirian dan tidak terurus secara sosial dan ekonomi. Sekolah Pra dan Lansia Golden Geriatric Club merupakan satu-satunya sekolah khusus lanjut usia yang ada di Yogyakarta yang didalamnya terdapat mata pelajaran PAI. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah, bagaimana bentuk-bentuk program pencegahan post power syndrome, proses pembelajaran PAI, peran guru PAI dalam usaha pencegahan post power syndrome, dan faktor pendukung dan penghambat program pencegahan post power syndrome di Sekolah Pra dan Lansia Golden Geriatric Club. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran guru PAI dalam mencegah post power syndrome usia lanjut di Sekolah Pra dan Lansia Golden Geriatric Club Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan latar Sekolah Pra dan Lanjut Usia Golden Geriatric Club Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif bersifat induktif. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk pencegahan post power syndrome yaitu dengan penyelenggaraan program PAI, Pendidikan Kesehatan, Terapi melalui Kesenian. (2) Meskipun terdapat beberapa kendala, namun karena adanya jalinan yang baik antara peserta didik dengan guru, serta guru PAI yang memilih mengunakan model pembelajaran andragogi, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. (3) Peran guru PAI dalam mencegah post power syndrome yaitu guru PAI sebagai educator atau pendidik, guru PAI sebagai inovator, guru PAI sebagai motivator, guru PAI sebagai fasilitator atau penasihat. (3) faktor-faktor pendukung program pencegahan post power syndrome yaitu faktor yang melekat pada guru PAI sendiri, seperti niat yang ikhlas, tanggung jawab, dan amanah, sikap semangat peserta didik, usia lanjut sebagai usia yang tingkat keagamaannya telah mantap, lingkungan sekolah yang kondusif, fasilitas sekolah yang lengkap, dan nyaman. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat program pencegahan post power syndrome yaitu: keadaan peserta didik yang sangat bergantung kepada pengantar, kurikulum yang belum baku, dan lokasi pelaksanaan program yang belum tersentralkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Post Power Syndrome, Usia Lanjut.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:26
Last Modified: 17 Oct 2016 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum