EFEKTIVITAS PELATIHAN PROGRAM MAHASISWA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU PAI

MUHAMMAD MUSTOFA, NIM. 12410208 (2016) EFEKTIVITAS PELATIHAN PROGRAM MAHASISWA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN PROGRAM MAHASISWA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU PAI)
12410208_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN PROGRAM MAHASISWA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU PAI)
12410208_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)

Abstract

MUHAMMAD MUSTOFA. Efektivitas Pelatihan Program Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakrta Untuk Meningkatkan Kompetensi profesional Calon Guru PAI. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah karena banyaknya pelatihanpelatihan yang diadakan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, baik itu dari LKM (Lembaga Kemahasiswaan) maupun dari fakultas sendiri. Dengan banyaknya pelatihan-pelatihan yang ada di fakultas, maka perlu meneliti pelatihan apa saja yang bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan untuk kedepannya nanti, yaitu menjadi guru. Dari banyaknya pelatihan-pelatihan yang ada, salah satunya adalah Pelatihan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang diadakan oleh Program Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Pelatihan Program Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut dapat meningkatkan kompetensi profesional calon guru PAI atau mahasiswa Jurusan PAI di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang pelatihan yang diadakan oleh Program Mahasiswa Bidang TIK Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang pelatihan tersebut berpusat di Laboratorium Multimedia Pembelajaran. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan kuesioner. Kuesioner dijawab oleh 30 mahasiswa PAI dari angkatan 2012-2014 yang telah mengikuti pelatihan tersebut. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan trianggulasi sumber dan data. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kemudian verifikasi/ penarikan kesimpulan. Masalah yang diangkat adalah pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa/ calon guru PAI, dengan begitu mahasiswa dapat mempersiapkan kompetensikompetensi guru sebelum menjadi guru dimasa mendatang. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasannya Pelatihan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang diadakn oleh Program Mahasiswa Bidang TIK Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta efektif untuk meningkatkan kompetensi profesional calon guru PAI dengan rata-rata skor 3,15 dan juga mencapai tujuan yang ditetapkan oleh Laboratorium Multimedia Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Program Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kompetensi profesional Guru PAI, Kompetensi profesional Calon Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:42
Last Modified: 17 Oct 2016 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22494

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum