PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA ETIKA BERPAKAIAN ISLAMI BAGI SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) YOGYAKARTA

SAID PANJI SURYO NUGROHO, NIM. 12410235 (2016) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA ETIKA BERPAKAIAN ISLAMI BAGI SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA ETIKA BERPAKAIAN ISLAMI BAGI SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) YOGYAKARTA)
12410235_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA ETIKA BERPAKAIAN ISLAMI BAGI SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) YOGYAKARTA)
12410235_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)

Abstract

Said Panji Suryo Nugroho (12410235) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Etika Berpakaian Islami bagi Siswa di SMA Muhammadiyah Boarding School (Mbs) Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran seorang guru PAI dalam membina siswanya untuk berpakaian sesuai dengan etika berpakaian Islami. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Serta menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru PAI dan para siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi, melakukan penyajian data, dan triangulasi dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Peran guru PAI di SMA Muhammadiyah Boarding School dalam membina etika berpakaian siswa yaitu untuk mengarahkan siswa agar berpakaian sesuai dengan syariat Islam, baik itu siswa putra maupun putri. Berpakaian yang tidak menunjukkan aurat, sebagaimana yang di ketahui aurat putra adalah dari pusar sampai lutut sedangkan aurat dari putri yaitu seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan muka. Maka di SMA MBS ini peran guru PAI penting untuk mengajarkan atau mengarahkan anak-anak agar berpakaian seperti yang diajarkan syariat Islam. 2. Tujuan lain yaitu menanamkan kesederhanaan sesuai yang diajarkan dengan syarat Islam bahwasanya tidak boleh bermewah-mewahan apalagi memakai pakaian yang tidak tarbawi dalam artian itu jauh dari nilai Islam, serta menjaga siswa dari hal-hal negatif di lingkungan sekitarnya. 3. Upaya mengatasi siswa yang melanggar aturan yaitu : a. Membatasi pergaulan luar dengan memberikan nasihat. b. Memberikan sanksi berupa hukuman langsung seperti menyita barang bagi siswa yang memakai celana jeans dan tidak dikembalikan, apabila orang tua siswa ingin mengambilnya maka orang tua tersebut dianggap menyalahi aturan dan melanggar hukuman berat. c. Di serahkan kepada pihak IPM terdahulu bila hukuman tersebut masih dapat ditolerir dengan berupa teguran. Jika sudah berat maka langsung berhadapan dengan pihak kemahadan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:47
Last Modified: 17 Oct 2016 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22498

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum