UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO BAGI SISWA KELAS XI IPS-1 MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN

Subhi Masruroh NIM: 04410812, (2009) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI PENILAIAN PORTOFOLIO BAGI SISWA KELAS XI IPS-1 MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penilaian portofolio dalam rangka meningkatkan prestasi belajar akidah akhlak siswa kelas XI IPS-1 Madrasah Aliyah Negeri Tempel Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 MAN Tempel Sleman yang berjumlah 27 siswa. Rencana tindakan pada penelitian ini meliputi dua siklus. Siklus I dengan materi akhlak tercela dan siklus II dengan materi ilmu kalam. Instrumen yang digunakan selama pengambilan data adalah lembar observasi, panduan wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data kemudian mengorganisasikan data yang muncul agar bisa disajikan dan ditarik kesimpulan. Mengenai keberhasilan produk, dapat diketahui dengan menggunakan prosentase keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan penilaian portofolio sangat efektif dalam meningkatan prestasi belajar akidah akhlak diikuti dengan peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar dari hasil rata-rata tes serta hasil penilaian portofolio. Berdasarkan data yang diperoleh, tindakan pada siklus I sudah menunjukkan peningkatan prestasi belajar akidah akhlak, rata-rata hasil pre tes sebesar 7,32 dan nilai pos tes sebesar 7,88. Ini berarti ada peningkatan sebesar 0,56. Pada siklus II, hasil prestasi belajar semakin mengalami peningkatan, yaitu nilai pre tes sebesar 6,70 dan nilai pos tes sebesar 8,77. Pada siklus ini prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 2,07. Pada penilaian portofolio siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 89,07 dan pada siklus II nilai portofolio mengalami peningkatan sebesar 4,26 menjadi 93,33.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi, Belajar, Akidah, Akhlak, Portofolio
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum