STRATEGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA TUNANETRA SMPLB DI SLB NEGERI PURWOREJO

MOHAMMAD ZAENURI, NIM. 12490026 (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA TUNANETRA SMPLB DI SLB NEGERI PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA TUNANETRA SMPLB DI SLB NEGERI PURWOREJO)
12490026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA TUNANETRA SMPLB DI SLB NEGERI PURWOREJO)
12490026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan terhadap pengelolaan pendidikan di sekolah luar biasa (SLB) yang hanya mengedepankan aspek kemampuan intelektual saja, namun di dalam menghadapi perubahan zaman dan kebutuhan masyarakat diperlukan pengembangan diri siswa agar memiliki kemampuan untuk menghadapi fenomena–fenomena yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pengembangan kreativitas dan kemandirian yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pelaksanaan kurikulum yang berkaitan dengan pengembangan diri siswa tunanetra SMPLB di SLB Negeri Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Purworejo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara Triangulasi sumber dan teknik serta dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukan: (1) Program kurikulum dalam pengembangan kreativitas dan kemandirian siswa tunanetra jenjang SMPLB di SLB Negeri Purworejo : (a) perencanaan kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran siswa tunanetra jenjang SMPLB , (b) tujuan kurikulum yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, (c) pengorganisasian kurikulum yang dilakukan dengan membagi mata pelajaran, dan waktu yang dibutuhkan, (d) pelaksanaan kurikulum dengan memberikan tugas kepada guru untuk membuat capaian yang harus diperoleh siswa tunanetra dengan silabus, RPP, dan alat pembelajaran yang digunakan, (e) pengawasan terhadap pelaksanaan kurikulum. (2) Pengembangan kreativitas dan kemandirian siswa tunanetra jenjang SMPLB di SLB Negeri Purworejo adalah: (a) pengembangan kreativitas dengan memberikan keterampilan musik dan bahasa/ puisi, (b) pengembangan kemandirian siswa tunanetra dengan kegiatan orientasi, mobilitas dan pemberian job/pekerjaan. (3) Faktor pendukung dan penghambat pengembangan kreativitas dan kemandirian siswa tunanetra jenjang SMPLB di SLB Negeri Purworejo meliputi: (a) faktor pendukung dalam pengembangan kreativitas dan kemandirian siswa tunanetra jenjang SMPLB meliputi sarana/fasilitas yang lengkap, motivasi dari orang terdekat, lingkungan siswa tunanetra baik di keluarga, sekolah maupun masyarakat, dan potensi atau bakat yang telah dimiliki siswa, (b) faktor penghambat pengembangan kreativitas dan kemandiriannya meliputi belum adanya guru pembimbing khusus untuk keterampilan musik, media pembelajaran yang terbatas, dan keadaan psikologi siswa tunanetra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, S.Pd.I., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Kreativitas, Kemandirian, Tunanetra
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:12
Last Modified: 18 Oct 2016 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum