PEMANFAATAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) SEBAGAI SARANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI SEKSI PAI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL

SOLIHUDDIN ARIF, NIM. 12490062 (2016) PEMANFAATAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) SEBAGAI SARANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI SEKSI PAI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) SEBAGAI SARANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI SEKSI PAI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
12490062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) SEBAGAI SARANA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DI SEKSI PAI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
12490062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap sistem informasi manajemen di lingkungan Kementerian Agama khususnya di seksi PAI yang masih tergolong baru, karena penerapan aplikasi ini baru dimulai pada tahun 2013 hingga saat ini terus-menerus mengalami perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Education Management Information System (EMIS) dalam membantu pengambilan keputusan yang meliputi pengelolaan data EMIS yang terdiri dari penerapan EMIS, format aplikasi EMIS, pengumpulan dan penyajian data EMIS, alur pengambilan keputusan, dan pemanfaatan EMIS dalam pengambilan keputusan di seksi PAI Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek di seksi PAI Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data yang meliputi transkrip dan coding hasil wawancara, dilanjutkan dengan penyajian datasecara naratif serta analisis peneliti, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengelolaan data EMIS meliputi: (a) pengumpulan data dilakukan dengan memaksimalkan kinerja FKG, KKG, dan MGMP, validasi data dilakukan oleh operator EMIS kabupaten untuk kemudian diunggah ke dalam aplikasi online, penyimpanan data EMIS disusun secara rapi berdasarkan folder tiap semester dalam satu tahun, penyajian data dilakukan secara manual dalam bentuk excel diluar aplikasi. (2) pengambilan keputusan dilakukan dengan beberapa tahap: (a) identifikasi masalah (b) menentukan alternatif pemecahan masalah (c) implementasi kebijakan (d) evaluasi kebijakan yang telah diterapkan. (3) pemanfaatan EMIS sebagai informasi dalam pengambilan keputusan telah dilakukan sesuai dengan tujuan diterapkannya aplikasi EMIS di Kementerian Agama sebagai pusat data dan informasi pendidikan yang memadai dalam skala nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: EMIS, Pengambilan Keputusan, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:24
Last Modified: 18 Oct 2016 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22504

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum