IMPLEMENTASI RINTISAN MADRASAH UNGGULAN (STUDI KASUS DI MTS NEGERI YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2015/2016)

AKMIL SUGIANTORO, NIM. 12490085 (2016) IMPLEMENTASI RINTISAN MADRASAH UNGGULAN (STUDI KASUS DI MTS NEGERI YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2015/2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI RINTISAN MADRASAH UNGGULAN (STUDI KASUS DI MTS NEGERI YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2015/2016))
12490085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39MB) | Preview
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI RINTISAN MADRASAH UNGGULAN (STUDI KASUS DI MTS NEGERI YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2015/2016))
12490085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya anggapan orang tua bahwa madrasah adalah opsi kedua setelah sekolah umum dalam memberikan layanan pendidikan. Orang tua beranggapan bahwa pengetahuan umum pada saat ini menjadi lebih diutamakan dalam segala aspek kehidupan. Padahal faktanya pendidikan agama sangat penting untuk memberi pondasi agar anak menjadi insan lebih baik dikemudian hari. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di MTs Negeri Yogyakarta 1 karena sebagai salah satu Rintisan Madrasah Unggul yang ditunjuk oleh Kantor Wilayah Kementrian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah agar pendidikan madrasah dapat meningkatkan mutu pendidikanya sehingga menjadi madrasah yang unggul dan dapat bersaing dengan pendidikan formal lainya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sasarannya adalah warga madrasah yang memahami, mengetahui, dan mengalami secara langsung implementasi Rintisan Madrasah Unggul. pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan studi kasus dengan mengumpulkan bukti-bukti empiris yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, indepth interview, triangulasi, dan perpanjangan pengamatan. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dalam hal ini peneliti mengungkapkan tentang perkembangan dari implementasi Rintisan Madrasah unggul yang ada di MTs Negeri Yogyakarta 1. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Bentuk dari Rintisan Madrasah Unggul adalah desain pengembangan, pengembangan yang dimaksud adalah penguatan materi mata pelajaran (a) sains yaitu : IPA, matematika, dan fisika, (b) bahasa asing yaitu : bahasa arab dan bahasa inggris, (c) tahfidz yaitu : agama, dan (d) entrepeneur yaitu : prakarya dan tataboga. Selain itu MTs Negeri Yogyakarta 1 menerapkan pembiasaan-pembiasaan untuk membentuk karakter peserta didik yang lebih baik (2) MTs Negeri Yogyakarta 1 mendapatkan bantuan berupa dana khusus dari dari Kantor Wilayah Kementrian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melakukan pengembangan baik dari segi sumber daya manusia dan sarana dan prasarana yang ada, (3) adanya faktor pendukung dan penghambat dari implementasi rintisan madrasah unggulan baik dari segi internal maupun eksternal (4) setelah adanya implementasi rintisan madrasah unggul banyak prestasi yang dicapai oleh madrasah baik akademik maupun non akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Rintisan Madrasah Unggul, Desain Pengembangan, Prestasi
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Oct 2016 08:49
Last Modified: 15 Dec 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22508

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum