RAHMAWATI ATIKA ANDRIANI, NIM. 12600017 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEMPURAN PADA MATERI SEGITIGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEMPURAN PADA MATERI SEGITIGA)
12600017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (30MB) | Preview |
|
![]() |
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAP TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEMPURAN PADA MATERI SEGITIGA)
12600017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas berpikir siswa, dan (2) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map serta variabel terikat yaitu kreativitas berpikir dan minat belajar siswa. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tempuran sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII F dan VII G. Instrumen penelitian ini berupa soal pretest-posttest, preangket-postangket, lembar observasi, serta instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan setting model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map. Teknik analisis data pretest-posttest menggunakan statistik parametrik uji t, sedangkan analisis data preangket- postangket menggunakan uji ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap kreativitas berpikir siswa, dan (2) model pembelajaran Treffinger dengan menggunakan mind map lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Treffinger, Mind Map, Kreativitas Berpikir, Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran Treffinger, Mind Map, Kreativitas Berpikir, Minat Belajar Siswa |
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 08:17 |
Last Modified: | 15 Dec 2016 08:17 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22509 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |