EFEKTIVITAS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI DAN KELAS XII DI MAN MAGUWOHARJO

ABDAU QUR’ANI HABIB, NIM. 12490128 (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI DAN KELAS XII DI MAN MAGUWOHARJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI DAN KELAS XII DI MAN MAGUWOHARJO)
12490128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI DAN KELAS XII DI MAN MAGUWOHARJO)
12490128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam perspektif balanced scorecard meliputi empat subfaktor yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, dengan mutu pembelajaran. Selain itu, untuk menganalisis tingkat efektivitas dan kontribusi penerapan manajemen berbasis Sekolah dalam keempat subfaktor perspektif balanced scorecard terhadap mutu pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang terdiri dari empat variabel independen yaitu MBS dalam perspektif pelanggan (X1), MBS dalam perspektif keuangan (X2), MBS dalam perspektif proses internal (X3), dan MBS dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (X4) sedangkan variabel dependen yaitu mutu pembelajaran (Y) serta variabel kontrol yaitu budaya madrasah (Z). Penelitian ini dilakukan di MAN Maguwoharjo dengan mengambil sampel sebanyak 171 siswa yang terdiri dari 88 siswa kelas XI dan 83 siswa kelas XII. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling dan proportionale sampling dengan mengacu pada random table. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution) sebagai alat bantu statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara penerapan manajemen berbasis sekolah dalam perspektif balanced scorecard yang meliputi perspektif pelanggan (X1), perspektif keuangan (X2), perspektif proses internal (X3), serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (X4) dengan mutu pembelajaran (Y) tidak berpengaruh secara langsung, namun dimediasi/diintervensi oleh budaya madrasah (Z). Hal ini berdasarkan perbandingan hasil analisis korelasi bivariate (ryx) dengan korelasi parsial (ryx.z) diperoleh nilai ryx ryx.z untuk keempat variabel independen (X1, X2, X3, dan X4). Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh kontribusi variabel X1 terhadap variabel Y sebesar 20,7% (R2=0,207), kontribusi variabel X2 terhadap variabel Y sebesar 18,4% (R2=0,184), kontribusi variabel X3 terhadap variabel Y sebesar 25,7% (R2=0,257), kontribusi variabel X4 terhadap variabel Y sebesar 31,6% (R2=0,316). Adapun hasil yang diperoleh dari analisis regresi berganda dengan memasukkan variabel Z diperoleh kontribusi variabel X1, variabel X2, variabel X3, variabel X4, dan variabel Z terhadap variabel Y adalah sebesar 35% (R2=0,350) sedangkan sisanya sebesar 65% dipengaruhi oleh variabel yang lain. Kata kunci: manajemen berbasis sekolah, bala

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd
Uncontrolled Keywords: manajemen berbasis sekolah, balanced scorecard, mutu pembelajaran, budaya madrasah
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Oct 2016 13:18
Last Modified: 18 Oct 2016 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum