PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

LULUK MAKNUNAH, NIM. 12490089 (2016) PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12490089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA ORGANISASI DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12490089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan organisasi yang bergerak dibidang pengembangan diri dan pengelolaan bakat minat yang sifatnya non profit. Terdapat 17 Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di UIN Sunan Kalijaga, 17 tersebut diantaranya: UKM Al-Jami‟ah, Al-Mizan, Arena, Cepedi, Eska, Gita Savana, Inkai, JCM, Kopma, Kordiska, Ksr Pmi, Menwa, Mapalaska, Olahraga, Pramuka, SPBA, dan Tekwondo. Penulis tertarik melakukan penelitian di ke-17 UKM tersebut karena adanya fakta bahwa keberhasilan organisasi bergantung pada individu yang ada di organisasi tersebut. Tingginya kinerja organisasi bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti gaya kepeminpinan, manajemen organisasi, dll. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui apakah tingginya kinerja dalam organisasi dipengaruhi oleh iklim komunikasi dalam organisasi khususnya di (Unit Kegiatan Mahasisa) UKM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode angket dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya suatu hubungan dan untuk mengetahui kuat lemahnya hubungan antara iklim komunikasi organisasi dengan kinerja organisasi. Analisis data menggunakan metode korelasi sederhana dan regressi sederhana. Hasil penelitian dengan jumlah sampel 125 orang ini diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,639 dengan nilai probabilitas 0,000 yang menyatakan adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara kedua variabel. Sedangkan dalam analisis regresi diperoleh nilai R Square sebesar 0,409 yang artinya sebesar 40,9% kinerja organisasi dipengaruhi oleh iklim komunikasi organisasi sedangkan sisanya 59,1% dipengaruhi oleh faktor lain. dari analisis yang dilakukan kemudian dikaitkan dengan hipotesis yang ada, maka didapatkan kesimpulan bahwa hubungan antara iklim komunikasi dengan kinerja organisasi dapat diterima dengan tingkat hubungan yang cukup kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Na‟imah, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Iklim Komunikasi, dan Kinerja Organisasi
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Oct 2016 13:28
Last Modified: 18 Oct 2016 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22525

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum