PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA/ MA KELAS X PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA

Nur Khasanah, NIM. 12600043 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA/ MA KELAS X PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA/ MA KELAS X PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA)
12600043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA/ MA KELAS X PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA)
12600043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika dengan Pendekatan Saintifik yang berkualitas untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa SMA/ MA Kelas X pada Pokok Bahasan Statistika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, mendeskripsikan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi 5 langkah (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKS, lembar soal pre-test dan post-test, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan LKS matematika dengan Pendekatan Saintik yang berkualitas untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa Kelas X pada pokok bahasan Statistika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas LKS Matematika yang dikembangkan adalah sangat baik dengan persentase keidealan 85,83% berdasarkan validasi ahli. (2) Berdasarkan hasil post-test, LKS dikatakan telah berhasil memfasilitasi pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Statistika dengan persentase siswa yang memperoleh nilai post-test lebih dari atau sama dengan KKM mencapai 66,67%. (3) Berdasarkan data yang diperoleh, respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan LKS Matematika dengan Pendekatan Saintifik memperoleh skor rata-rata 62,85 dari skor maksimal 80 dengan persentase keidealan 78,56% dengan kategori respon positif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Nov 2016 08:48
Last Modified: 23 Nov 2016 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22527

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum