PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA)

MUNIRTADHO, SS, NIM. 1220411255 (2016) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA))
1220411255_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (DI MADRASAH ALIYAH SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA))
1220411255_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Munirtadho: Pengembangan Alat Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Sunan Pandananaran, Ngaglik Sleman Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya stigma yang berkembang di masyarakat khususnya di sekolah yang menunjukkan bahwa belajar bahasa Arab masih dianggap sulit dan rumit, serta pengajarannya monoton dan membosankan. Oleh karena itu, penelitian ini membahas bagaimana mengembangkan alat permainan edukatif dalam pembelajaran bahasa Arab yang sesuai dan layak untuk peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman Yogyakarta, yang notabene mempunyai kepadatan aktifitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitattif dan kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu kepada langkah-langkah penelitian dan pengembangan berdasarkan model Borg and Gall, maka prosedur dan tahapan penelitian dan pengembangan dapat disederhanakan menjadi sepuluh tahapan, yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Mengumpulkan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk I, 8) Uji Coba Pemakaian, 9) Revisi Produk II, 10) Pembuatan produk masal. Hasil penelitian ini berupa alat permainan edukatif yang terbuat dari bahan MetroMedia Technologies (MMT). Ada empat lembar yang masing-masing berukuran 100x100 cm. dan satu lembar berukuran 100x156 cm. Lima lembar tersebut berjudul 1) Takhmīn al-Ṣūrah, yang berisi 36 gambar, 2) Takhmīn Al- Mufradāt yang berisi 36 kosakata, 3) Baḥṡul al-Mufradāt yang berisi 224 kolom huruf hijāiyyah, 4) SOS yang berisi 63 kolom kosakata, dan 5) Tartīb al-Kalimāt yang berisi 6 kolom kosong. Kosakata dan gambar-gambar yang dimaksud di atas merupakan materi pelajaran bahasa Arab kelas X semester II MA Sunan Pandanaran. Setelah dilakukan uji validasi diperoleh nilai rata-rata 4,14 (baik) dari ahli materi, 4,14 (baik) dari ahli media, 4,02 (baik) dari guru, dan 4,30 (baik) dari siswa. Jika mengacu pada konversi skor penilaian tersebut masuk pada kategori baik. Dengan demikian, dapat peneliti simpulkan bahwa produk alat permainan edukatif yang dimaksud adalah baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sukamta
Uncontrolled Keywords: Media, Alat Permainan Edukatif, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Nov 2016 13:54
Last Modified: 03 Nov 2016 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22547

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum