PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS MU’ALLIMIN ROWOSENENG KANDANGAN TEMANGGUNG

MUHAMMAD NUR HIDAYATULLOH, NIM. 1220411186 (2016) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS MU’ALLIMIN ROWOSENENG KANDANGAN TEMANGGUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS MU’ALLIMIN ROWOSENENG KANDANGAN TEMANGGUNG)
1220411186_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS MU’ALLIMIN ROWOSENENG KANDANGAN TEMANGGUNG)
1220411186_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

M. Nur Hidayatulloh: NIM : 1220411186 Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Di MTs Mu’allimin Rowoseneng Kandangan Temanggung. Pengembangan insitusi dan pengembangan profesionalitas guru merupakan dua hal yang tidak bisa sejalan. Peran kepala madrasah sebagai pemimpin dalam suatu lembaga pendidikan merupakan unsur terpenting yang harus diperhatikan untuk tercapainya tujuan pendidikan. Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Rowoseneng, merupakan salah satu madrasah, yang mempunyai keunikan dan karakter khusus, beberapa guru belum memiliki tanggung jawab untuk memenuhi tuntutan ideal, belum berupaya untuk terus melakukan perbaikan dan pengembangan metode pengajaran, bahkan profesi guru adalah sebagai kategori pekerjaan sambilan. Beberapa guru ada yang berprofesi sebagai pengepul kopi, pengagrak tembakau, tukang ojek gunung, tukang owol tembakau, penanam cengkeh dan pengangkut dolog, hal ini mereka lakukan demi memenuhi tuntutan kebutuhan hidup ditengah kondisi sosial-ekonomi guru yang sulit. Persoalan yang hendak dijawab dalam tesis ini adalah Pertama, Bagaimana deskripsi pengembangan profesionalisme guru di madrasah? Kedua, Bagaimana upaya Kepala Madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru? Ketiga Apakah problematika yang dihadapi Kepala Madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di Madrasah Tsanawiyah rata-rata melakukan pekerjaan sampingan, hal itu mereka lakukan untuk menopang kondisi sosial-ekonomi mereka karena dirasa kurang apabila hanya mengandalkan dari hasil mereka menjadi guru, kurangnya minat untuk menjadi guru di madrasah tersebut, minimnya pembiayaan, belum berkompetenya guru sesuai dalam bidang studi dan sulitnya rekrutmen guru kompeten yang dilakukan oleh pihak madrasah. Kepala Madrasah terus berupaya meningkatkan sumber daya alamiyah madrasah (SDAM) dan sumber daya manusia madrasah (SDMM) seperti mengadakan kelengkapan sarpras, pelatihan terhadap guru dan mengadakan kegiatan yang bersifat pemberian motivasi guna memupuk rasa spiritualitas guru agar selalu iklas dan istiqomah, seperti mujahadah, selapanan, ziarah, sowan ke kyai guna memupuk rasa semangat berdakwah dan senantiasa mengikuti kegiatan sosial kemasyarakatan setempat, juga mengadakan upaya pembinaan dan program pengembangan seperti penataran, pelatihan, kursus dan ikut serta dalam MGMP sebagai upaya pengembangan profesi sebagai guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Nov 2016 09:58
Last Modified: 02 Nov 2016 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum