PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAMUS AL-MUSA`ID PADA BUKU AL-`ARABIYAH LIN-NASYI`IN JILID II DI PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN- LAMONGAN

INDI NUZULA KURNIAWATI, NIM. 1420410001 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAMUS AL-MUSA`ID PADA BUKU AL-`ARABIYAH LIN-NASYI`IN JILID II DI PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN- LAMONGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAMUS AL-MUSA`ID PADA BUKU AL-`ARABIYAH LIN-NASYI`IN JILID II DI PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN- LAMONGAN)
1420410001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAMUS AL-MUSA`ID PADA BUKU AL-`ARABIYAH LIN-NASYI`IN JILID II DI PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN- LAMONGAN)
1420410001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran merupakan proses penyampaian informasi atau proses komunikasi. Seringkali guru mengalami kendala dalam melakukan komunikasi dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itulah maka dalam proses pembelajaran diperlukan alat bantu atau media untuk mempermudah siswa dalam belajar. Sedangkan dalam pembelajaran bahasa Arab, buku teks yang ada masih sulit untuk dipahami langsung oleh siswa, akibatnya siswa sulit memahami isi buku teks. Hal ini dikarenakan kurangnya alat bantu berupa media kamus dalam pembelajaran. Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penilitian dan pengembangan (reseach and development), dengan menggunakan metode Dick & Carey dan Borg & Gall yang disederhanakan. Pengembangan media dilakukan dalam empat tahapan yaitu: 1). Melakukan analisis kebutuhan (need assesment) melalui observasi, studi literatur, dan analisis karakteristik santri, 2). Menyusun produk awal, 3). Mengevaluasi produk berdasarkan masukan para ahli, 4). Melakukan uji coba lapangan. Dalam proses pembuatan kamus peneliti menggunakan teori leksikologi bahasa Arab dan leksikologi dan leksikografi Indonesia karangan Taufiqurrochman dan Abdul Chaer. Adapun hasil dari uji validasi media oleh ahli IT/desain, diketahui total untuk aspek desain adalah 95% dengan kategori "sangat baik". Dari aspek materi, diketahui bahwa penilaian ahli materi pada aspek materi adalah 97% dengan kategori "sangat baik". Sehingga dapat disimpulkan bahwa media dari segi aspek desain dan materi sudah layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran. tanggapan/respon 33 santri terhadap kualitas media yang dikembangkan yaitu aspek desain diketahui bahwa respon santri adalah 83% atau kategori "baik". Sedangkan dari aspek materi, adalah 88% atau kategori "baik". Sedangkan tanggapan atau respon dari pengajar bahasa Arab terhadap kualitas media yang dikembangkan yaitu dari aspek desain didapatkan 90% atau dengan kategori "baik". Sedangkan dari aspek materi 90% dengan kategori "baik".

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.Muhammad Amin, Lc, M.A
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran dan kamus.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Nov 2016 09:04
Last Modified: 04 Nov 2016 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22553

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum