SINTESIS DAN KARAKTERISASI EDIBLE FILM ANTIMIKROBA DARI KITOSAN DAN ASAP CAIR UNTUK MEMPERPANJANG MASA SIMPAN BAKSO SAPI

Wangsa, NIM. 12630014 (2016) SINTESIS DAN KARAKTERISASI EDIBLE FILM ANTIMIKROBA DARI KITOSAN DAN ASAP CAIR UNTUK MEMPERPANJANG MASA SIMPAN BAKSO SAPI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SINTESIS DAN KARAKTERISASI EDIBLE FILM ANTIMIKROBA DARI KITOSAN DAN ASAP CAIR UNTUK MEMPERPANJANG MASA SIMPAN BAKSO SAPI)
12630014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (SINTESIS DAN KARAKTERISASI EDIBLE FILM ANTIMIKROBA DARI KITOSAN DAN ASAP CAIR UNTUK MEMPERPANJANG MASA SIMPAN BAKSO SAPI)
12630014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang sintesis dan karakterisasi edible film antimikroba yang dibuat dengan mencampurkan kitosan, gliserol dan asap cair tempurung kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan asap cair terhadap sifat antimikroba, sifat mekanik, laju transmisi uap air serta memperpanjang umur simpan bakso sapi. Dalam penelitian ini terdapat beberapa tahapan utama yaitu pembuatan edible film, pengujian aktifitas antimikroba edible film terhadap bakteri E.coli, karakterisasi sifat mekanik edible film, identifikasi senyawa aktif dalam asap cair menggunakan GC-MS, identifikasi gugus fungsi edible film dan komponen penyusunnya menggunakan FTIR, dan uji daya tahan bakso sapi yang dilapisi edible film berupa uji kekerasan dan pH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan asap cair meningkatkan kuat tarik, persen pemanjangan, dan sifat antimikroba, serta menurunkan laju transmisi uap air. Tetapi tidak mempengaruhi ketebalan edible film. Penambahan asap cair ke dalam edible film juga dapat meningkatkan kemampuan edible film dalam menjaga pH dan tekstur (kekerasan) bakso sapi. Kata kunci: Edible film, sifat antimikroba, sifat fisik mekanik, masa simpan bakso

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fatchul Anam Nurlaili, S.T.P., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Edible film, sifat antimikroba, sifat fisik mekanik, masa simpan bakso
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Nov 2016 09:18
Last Modified: 03 Nov 2016 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum