PERAN NATIVE SPEAKER TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MA RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI JAWA TENGAH

ANSORI, NIM. 1220411250 (2016) PERAN NATIVE SPEAKER TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MA RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN NATIVE SPEAKER TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MA RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI JAWA TENGAH)
1220411250_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN NATIVE SPEAKER TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MA RAUDLATUL ULUM GUYANGAN TRANGKIL PATI JAWA TENGAH)
1220411250_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ansori. Peran Native Speaker dalam Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di MA Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Tesis. Pascasaijana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Bahasa adalah alat komunikasi dan penghubung dalam pergaulan manusia sehari-hari. Bahasa berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan pesan dari pembicara kepada pendengar agar pendengar memahami apa yang diinginkan pembieara. Pesan yang dimaksud dalam hal ini adalah ide dan pikiran pembicara atau penulis. Oleh karena itu, untuk mampu berbahasa yang baik dibutuhkan pembelajaran bahasa yang diampu oleh pengajar yang menguasai bahasa yang diajarkan. Pengajar bahasa yang bagus, harus memiliki karakter yang kuat terutama yang berasal dari daerah atau wilayah sumber bahasa yang dipelajari yang dikenal dengan penutur asli atau native speaker. Tesis ini mempunyai tujuan untuk mengetahui latar belakang MA Raudlatul Ulum memiliki tenaga pengajar berbahasa Arab (native speaker) dan peran native speaker dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab di MA Raudlatul Ulum tersebut yang mencakup empat maharah (keterampilan) yaitu maharah al-istima’ (keterampilan menyimak), maharah al-kalam (keterampilan berbicara), maharah al-qira’ah (keterampilan membaca) dan maharah al-kitabah (keterampilan menulis). Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif (Qualitative research). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi serta data-data yang mendukung penelitian ini. Basil penelitian menunjukkan bahwa native speaker yang mengajar bahasa Arab di MA Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati sangat berperan dalam peningkatan pembelajaran bahasa Arab di lingkungan MA Raudlatul Ulum khususnya dalam bidang maharah al-istima' (keterampilan menyimak) dan maharah al-kalam (keterampilan berbicara). Mengingat peran mereka sangat penting maka disarankan untuk menggunakan native speaker dalam pembelajaran bahasa Arab terutama native speaker yang memiliki latar belakang sebagai pengajar bahasa Arab. Native speaker perlu memperhatikan silabus agar dalam penyampaian materi sesuai dengan rencana pembelajaran. Selain itu, native speaker harus meningkatkan semangat mengajar agar siswa yang diajar memiliki semangat yang kuat untuk bisa mengikuti mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Native Speaker, Pembelajaran Bahasa Arab, Strategl Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Nov 2016 11:13
Last Modified: 03 Nov 2016 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum