INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DALAM MATAKULIAH AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH WILAYAH JAWA TENGAH

ANDI WAHYONO, NIM. 1320411183 (2016) INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DALAM MATAKULIAH AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH WILAYAH JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DALAM MATAKULIAH AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH WILAYAH JAWA TENGAH)
1320411183_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (30MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DALAM MATAKULIAH AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH WILAYAH JAWA TENGAH)
1320411183_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Andi Wahyono, Integrasi Islam dan Sains dalam Matakuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Wilayah Jawa Tengah Konsep integrasi Islam dan sains dalam matakuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah perlu disusun secara sistematis. Hal ini didasarkan pada dua hal. Pertama, ada dampak negatif yang ditimbulkan oleh sains jika sains jauh dari nilai agama. Untuk itu Peruruan Tinggi Muhammadiyah sebagai perguruan tinggi Islam dan memiliki program studi sains perlu memberi kontribusi akademis dalam upaya menjawab permasalahan dikotomi Islam dan sains. Kedua, Perguruan Tinggi Muhammadiyah mempunyai konsep integrasi Islam dan sains yang dibentuk oleh Majelis Pendidikan Tinggi dan Penelitian Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan sudah di implementasikan dalam bentuk matakuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Namun demikian, konsep integrasi tersebut belum tersusun secara sistematis sebagai konsep materi pembelajaran. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui konsep integrasi Islam dan sains dalam prespektif Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta mengetahui implementasi konsep tersebut oleh Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Wilayah Jawa Tengah. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori relasi agama dan sains Ian. G Barbour, integrasi-interkoneksi Amin Abdullah, dan model integrasi Hana Djumhana Bastaman. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Lokasi dalam penelitian ini terbagi menjadi dua wilayah yakni wilayah konsep dan wilayah implementasi. Teknik pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik stakeholder sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Adapun teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui bahwa konsep integrasi Islam dan sains dalam prespektif Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengambangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah mempunyai tiga pilar yakni pandangan desekularisasi Islam dan ilmu, teoantroposentris sebagai cara berfikir, dan mewujudkan cita-cita masyarakat Islam berkemajuan sebagai tujuan pembelajaran. Sedangkan dalam wilayah implementasi, Perguruan Tinggi Muhammadiyah wilayah Jawa Tengah telah melaksanakan konsep integrasi Islam dan sains. Namun demikian, ada perbedaan model integrasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta menggunakan model integrasikomplementasi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto menggunakan model integrasiparalelisasi, sedangkan Universitas Muhammadiyah Semarang menggunakan model integrasi-induktifikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Islam dan Sains, Matakuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Perguruan Tinggi Muhammadiyah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Nov 2016 14:05
Last Modified: 03 Nov 2016 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22605

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum