PERAN LINGKUNGAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus Penampilan Karakter Siswa di TK Islam Mu’adz Bin Jabal Kota Kendari Sulawesi Tenggara)

SITI MISRA SUSANTI, NIM: 1420430013 (2016) PERAN LINGKUNGAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus Penampilan Karakter Siswa di TK Islam Mu’adz Bin Jabal Kota Kendari Sulawesi Tenggara). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN LINGKUNGAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus Penampilan Karakter Siswa di TK Islam Mu’adz Bin Jabal Kota Kendari Sulawesi Tenggara))
1420430013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN LINGKUNGAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus Penampilan Karakter Siswa di TK Islam Mu’adz Bin Jabal Kota Kendari Sulawesi Tenggara))
1420430013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tesis ini dilatarbelakangi setelah peneliti melakukan observasi di TK Islam Mu’adz Bin Jabal Kendari, peneliti menemukan banyak hal yang salah satunya adalah karakter mandiri pada anak usia dini, di mana karakter tersebut dimiliki oleh anak- anak di TK Islam, yaitu cara anak dalam melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan aktivitas keseharian anak- anak di TK Islam, di antaranya mencontohkan pakaian yang islami, membantu teman yang kesulitan dalam menggapai permainannya dan sebagainya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai peran lingkungan dalam pembentukan karakter mandiri anak. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peran lingkungan dalam Pembentukan Karakter Mandiri anak usia dini yang ada di lingkungan Mu’adz Bin Jabal Kendari. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif Deskriptif dan Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A dan B di TK Islam Mu’adz Bin Jabal Kendari Sulawesi Tenggara yang berjumlah 120 orang. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang menggambarkan kejadian/fenomena di lapangan Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih tiga Bulan Mulai tanggal 10 Desember 2015 hingga 26 Februari 2016 penelitian ini dimulai dengan observasi di TK Islam Mu’adz Bin Jabal dengan pihak-pihak yang terkait dalam penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru, karyawan dan orang tua anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan memperpanjang kehadiran, ketekunan dalam penelitian dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan sangat berperan dalam pembentukan karakter mandiri anak usia dini. Adapun hasil TK A1 yang memiliki karakter mandiri, berjumlah 15 anak dan 4 anak belum mandiri, TK A2 yang memiliki karakter mandiri berjumlah 12 anak dan 5 anak yang belum menunjukan karakter mandiri. TK B1 yang memiliki karakter mandiri berjumlah 21 anak dan ada 3 anak yang belum mandiri, TK B2 yang memiliki karakter mandiri berjumlah 27 dan ada 3 anak yang belum mandiri, TK B3 yang memiliki karakter mandiri, berjumlah 20 anak dan ada 1 anak yang belum Mandiri dan TK B4 yang memiliki karakter mandiri, berjumlah 8 anak dan ada 1 anak yang belum mandiri. Lingkungan saling berkolaborasi mulai dari lingkungan Keluarga, Sekolah dan masyarakat. Adapun metode pembentukan karakter yang digunakan oleh Mu’adz Bin Jabal Kendari adalah meode pembiasaan, metode pendekatan hati, dan metode perhatian dan contoh sehingga karakter mandiri terbentuk di TK Islam. Adapun hasil pembentukan karakter mandiri di TK Islam Mu’adz Bin Jabal adalah sebanyak 120 orang anak TK A dan B menunjukan prilaku karakter mandiri yang sangat signifikan. Kata Kunci: Lingkungan, Karakter Mandiri, TK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj Juwariyah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Karakter, mandiri, Paud, Lingkungan, Karakter Mandiri, TK
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Nov 2016 11:39
Last Modified: 29 Nov 2016 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22611

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum