MANAJEMEN KERJA SAMA SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK. NEGERI PEMBINA SAMBAS KALIMANTAN BARAT

Sera Yuliantini, NIM: 1420430017 (2016) MANAJEMEN KERJA SAMA SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK. NEGERI PEMBINA SAMBAS KALIMANTAN BARAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KERJA SAMA SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK. NEGERI PEMBINA SAMBAS KALIMANTAN BARAT)
1420430017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KERJA SAMA SEKOLAH DENGAN ORANG TUA DALAM MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK DI TK. NEGERI PEMBINA SAMBAS KALIMANTAN BARAT)
1420430017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kesuksesan sebuah lembaga pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini harus ditopang bersama oleh seluruh pihak, terutamanya adalah keluarga. Komponen-komponen ini harus saling bersinergi secara terpadu, sehingga bisa menghasilkan outcome pendidikan yang berkualitas yang mengacu pada optimalnya perkembangan anak. Untuk itu, pihak sekolah dan orang tua diharapkan dapat meningkatkan hubungan kerja sama yang diwujudkan dalam manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak. Penelitian ini bertujun untuk mendeskripsikan; (1) bagaimana manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua, (2) bagaimana bentuk keberhasilan manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua, (3) faktor pendukung dan penghambat manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak di TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang diarahkan pada field research dengan mengambil lokasi di TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat. Data-data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observari dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; (1) terkait dengan fungsi manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak di TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian cukup efektif dengan programprogram yang telah disusun. (2) bentuk keberhasilan manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak yaitu meningkatnya perkembangan anak dari aspek nilai agama dan moral, fisikmotorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional, program kerja sama yang berjalan baik, bertambahnya sarana pembelajaran anak, serta meningkatnya prestasi sekolah. (3) Faktor pendukung yaitu sikap kepemimpinan dari kepala sekolah yang mengedepankan asas kekeluargaan, dan keadilan, kemudian rasa tanggung jawab yang besar dan motivasi yang kuat dari para guru, serta adanya kemauan yang kuat dari orang tua siswa untuk menjalin kerja sama. Sedangkan faktor penghambat berupa: perasaan kelelahan yang dialami oleh beberapa guru, kesibukan dari orang tua dikarenakan oleh tuntutan profesi, sikap acuh tak acuh tentang pentingnya kerja sama dari beberapa orang tua siswa. Kata kunci : Manajemen Kerja Sama, Kerja Sama Sekolah Dengan Orang Tua, Perkembangan Anak

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kerja Sama, Kerja Sama Sekolah Dengan Orang Tua, Perkembangan Anak
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2016 08:16
Last Modified: 02 Dec 2016 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum