IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD MELALUI METODE TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI RA.ARRAHMAH PAPRINGAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TA 2015/2016

LAELATUL ISTIQOMAH, NIM. 1420431005 (2016) IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD MELALUI METODE TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI RA.ARRAHMAH PAPRINGAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TA 2015/2016. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD MELALUI METODE TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI RA.ARRAHMAH PAPRINGAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TA 2015/2016)
1420431005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD MELALUI METODE TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI RA.ARRAHMAH PAPRINGAN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TA 2015/2016)
1420431005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat kedisiplinan dan kemandirian anak usia dini di RA. Ar-Rahmah Papringan. Berdasarkan hasil observasi pada pra penelitian, menunjukkan bahwa masih banyaknya siswa yang datang terlambat, siswa ditunggu orang tuanya di sekolah, kurang percaya diri, ke kamar mandi masih minta diantar, bahkan minta diceboki, waktu makan masih disuapi, mengerjakan tugas selalu meminta bantuan, pada saat mencuci tangan tidak mau antri, mendorong temannya, saling berebut dan lain sebagainya. Tujuan pada penelitian ini yang pertama adalah untuk mendeskripsikan implementasi pemberian reward melalui metode token ekonomi pada anak usia dini, kedua, untuk menganalisis peningkatan kedisiplinan anak melalui metode token ekonomi, dan yang ketiga adalah untuk menganalisis peningkatan kemandirian anak melalui metode token ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dengan observasi, wawancara secara mendalam, dan melakukan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melalui triangulasi sumber. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis model interaktif yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, implementasi pemberian reward melalui metode token ekonomi di kelompok B2 RA.Ar-Rahmah dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada masing-masing siklus peneliti menyediakan 50 stiker sebagai reward. Kedua, kedisiplinan anak melalui metode token ekonomi mengalami peningkatan. Pada pra tindakan menunjukan bahwa kedisiplinan anak sangat rendah. Pada siklus I kedisiplinan yang tampak adalah anak dapat datang ke sekolah tepat waktu, dapat menggunakan benda sesuai fungsinya, dan dapat memperkirakan waktu untuk menyelesaikan sesuatu. Dan pada siklus II anak sudah mampu menaati peraturan yang telah disepakati, tertib menunggu giliran, dapat mengembalikan benda pada tempatnya dan menyadari akibat bila tidak disiplin. Ketiga, kemandirian anak melalui metode token ekonomi mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada pra tindakan masih banyak anak yang tidak percaya diri, dan kurang bertanggung jawab dalam tugasnya. Pada siklus I anak-anak sudah tampak berani dan percaya diri, dapat bertanggung jawab dan mampu bekerja sendiri. Hasil pada siklus II kemandirian anak dapat meningkat, yaitu dengan adanya rasa tanggung jawab pada anak, anak mampu bekerja sendiri, mampu menunjukkan rasa percaya diri, mampu memilih dan membuat keputusan sendiri serta mampu mengendalikan emosi. Kata kunci : Reward, Token Ekonomi, Kedisiplinan dan Kemandirian

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabaruddin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Reward, Token Ekonomi, Kedisiplinan dan Kemandirian
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2016 08:27
Last Modified: 14 Dec 2016 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22632

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum