NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BO’ SANGAJI KA’I CATATAN KERAJAAN BIMA

MUHAMMAD ALFIAN, SPDI, NIM. 1420410002 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BO’ SANGAJI KA’I CATATAN KERAJAAN BIMA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BO’ SANGAJI KA’I CATATAN KERAJAAN BIMA)
1420410002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BO’ SANGAJI KA’I CATATAN KERAJAAN BIMA)
1420410002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Alfian, Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Bo’ Sangaji Ka’i Catatan Kerajaan Bima. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini, adalah dipandang pentingnya untuk melakukan kajian mengenai nilai pendidikan, khususnya nilai pendidikan Islam dalam dokumen- dokumen penting daerah. Hal ini didasari karena penelitian dan kajian mengenai nilai pendidikan Islam masih didominasi oleh kajian terhadap karya-karya ulama klasik Islam timur tengah. Dokumen-dokumen daerah yang di dalamnya mengandung catatan-catatan sejarah dari daerah tertentu, menurut peneliti juga mengandung muatan nilai yang sangat kontributif bagi perkembangan pendidikan Islam Indonesia. Dari argument dasar ini, peneliti berusaha menyajikan penelitian mengenai Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Bo’ Sangaji Ka’i Catatan Kerajaan Bima Penelitian ini berupa penelitan kepustakaan yang bersifat kualitatif. Karena berupa penelitian kepustakaan, pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, dengan menggunakan teknik analisis data berupa analisis isi (content analisys), dengan menggunakan teknik kejelasan isi dan penyajian data secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, nilai pendidikan Islam dalam Bo’ Sangaji Ka’i data dilacak melalui beberapa catatan berupa catatan mengenai hukum adat dan tradisi yang pernah terjadi pada masa kesultanan dulu. Hal ini dikarenakan, dalam bo’ sangaji ka’I lebih banyak menyebutkan catatan mengenai peperangan, perluasan wilayah, dan surat perjanian dengan Belanda. Nilai-nilai yang terkandung dalam catatan-catatan tersebut mewakili nilai pendidikan islam berupa nilai pendidikan keimanan, nilai pendidikan ahlak, nilai pendidikan ibadah, nilai pendidikan seks, dan nilai tanggung jawab social. Kedua, relevansi nilai pendidikan Islam dalam Bo’ Sangaji Ka’i terhadap pendidikan Islam dapat terlihat dalam tujuan pendidikan Islam dan materi pembelajaran pendidikan Islam. Kutipan Bo’ Sangaji Ka’i mengenai sikap pemimpin yang harus mementingkan urusan rakyat diatas urusan pribadi serta memegang teguh ajaran Islam, sejalan dengan tujuan pendidikan Islam yang berorientasi pada pembentukan peserta didik sebagai manusia terbaik, sebagai khalifah di muka bumi. Mengenai materi pembelajaran, catatan hukum adat dalam Bo’ yang mengatur masyarakat agar tercipta sebuah tata aturan social yang baik dan religius, juga tersirat mengenai bagaimana seharusnya tiap individu bergaul dengan baik terhadap individu yang lain, juga bagaimana mereka bergaul dengan alam sejalan dengan materi pembelajaran pendidikan Islam berupa materi yang berorientasi kepada aqidah syariat, dan ahlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemonah, M., Ag
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam, nilai pendidikan Islam, Bo’ Sangaji Ka’i
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 13:51
Last Modified: 22 Nov 2016 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum