PENGARUH LATIHAN ASSERTIVE SEBAGAI SALAH SATU BENTUK KONSELING ISLAMI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

ARUM FITRIANA SPD, NIM. 1420410009 (2016) PENGARUH LATIHAN ASSERTIVE SEBAGAI SALAH SATU BENTUK KONSELING ISLAMI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LATIHAN ASSERTIVE SEBAGAI SALAH SATU BENTUK KONSELING ISLAMI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
1420410009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LATIHAN ASSERTIVE SEBAGAI SALAH SATU BENTUK KONSELING ISLAMI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING SISWA SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
1420410009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ARUM FITRIANA. Pengaruh Latihan Assertive Sebagai Salah Satu Bentuk Konseling Islami Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta. Tesis. Program Pascasarjana. Program Studi Pendidikan Islam. Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan assertive untuk menurunkan perilaku bullying siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan skor skala perilaku bullying dengan kategori tinggi, sebagai subjek dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 10 siswa yang mendapatkan skor perilaku bullying tinggi dari 28 siswa kelas VIII J SMP Negeri 15 Yogyakarta. Analsis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Penggumpulan data menggunakan skala perilaku bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan assertive dapat menurunkan perilaku bullying siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat diambil kesimpulan bahwa data tidak homogen sehingga analisis data menggunakan statistik nonparametrik. Hasil analisis tersebut dapat dilihat pada output perhitungan statistik nonparametris uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan hasil z= -2,812 dan p=0,0050,05, artinya perilaku bullying siswa sebelum dan setelah mendapatkan latihan assertive memiliki perbedaan yang nyata, di mana setelah latihan jauh menurun dibandingkan sebelum latihan, dengan kata lain, pada tingkat kepercayaan 95% latihan ini efektif untuk menurunkan perilaku bullying siswa. Selain itu juga dapat dilihat dari mean sebelum (pretest) 92,70 dan mean setelah (posttest) 83,40. Standar deviasi sebelum (pretest) 6,516 dan standar deviasi setelah (posttest)7,168. Nilai minimum sebelum (pretest) 87 dan nilai minimum setelah (posttest) 76. Nilai maksimum sebelum (pretest) 107 dan nilai maksimum setelah (posttest) 99.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latipah M.Si.
Uncontrolled Keywords: Latihan Assertive, Konseling Islami, Perilaku Bullying
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 13:53
Last Modified: 22 Nov 2016 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22638

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum