KOHESI DAN KOHERENSI BACAAN TEKS BAHASA ARAB KEMENAG KELAS X MA SERTA IMPILIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

UMMU AIMANAH, SPDI, NIM. 1420410027 (2016) KOHESI DAN KOHERENSI BACAAN TEKS BAHASA ARAB KEMENAG KELAS X MA SERTA IMPILIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOHESI DAN KOHERENSI BACAAN TEKS BAHASA ARAB KEMENAG KELAS X MA SERTA IMPILIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
1420410027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (KOHESI DAN KOHERENSI BACAAN TEKS BAHASA ARAB KEMENAG KELAS X MA SERTA IMPILIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
1420410027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Buku Teks merupakan komponen penting dalam rangka untuk mensukseskan proses pembelajaran, karena dengan buku teks siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, berinovasi yang bermanfaat bagi masa depan, sehingga buku teks haruslah dikemas sebaik mungkin termasuk menyajikan materi bacaan yang sesuai baik secara bentuk maupun makna supaya para guru dan siswa mudah dalam proses pembelajaran. Demi menciptakan materi bacaan buku teks yang sesuai tersebut perlu adanya pengkajian didalamnya, oleh karena itu pengkajian materi bacaan dari sisi kohesi dan koherensi dirasa penting, karena dengan meneliti dari sisi kohesi dan koherensi kan diketahui kepaduan dan keterkaitan dalam materi bacaan sehingga guru maupun siswa dapat menangkap pesan materi yang dikandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research).Metode yang digunakan adalahn metode deskriptif kualitatif dengan beberapa tahapan penelitian, yaitu tahapan pengumpulan data yaitu dengan mengambil data-data teks bacaan yang ada dalam buku teks dan dilanjutkan dengan tahap analisis yaitu datadata yang telah dikumpulkan dihubungkan dengan teori kohesi dan koherensi, dan tidak lupa diperkuat teori-teori lain yang mendukung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan beberapa poin kesimpulan, antara lain bahwa kohesi dalam buku teks bahasa Arab kelas X MA terbitan Kemenag yang didasarkan pada aspek gramatikal direalisasikan melalui unsur referensi, subtitusi, elipsis dan konjungsi. Sedangkan kohesi leksikal direalisasikan melalui reiterasi dan kolokasi. Kemudian dari aspek koherensi, penanda yang termuat dalam buku teks bahasa Arab kelas X MA terbitan Kemenag direalisasikan melalui unsur aditf, seri, keseluruhan ke sebagian, penekanan, hasil, contoh, kesejajaran, tempat dan waktu

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Sugeng Sugiyono, M.A
Uncontrolled Keywords: Kohesi, Koherensi, Buku Teks
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:18
Last Modified: 22 Nov 2016 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum