PERAN WANITA KARIER DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK (STUDI KASUS DI PERUMAHAN GRAHAYASA RT 10 BANGUN JIWO KASIHAN BANTUL)

DINA MUNAWAROH, SPDI, NIM. 1420410066 (2016) PERAN WANITA KARIER DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK (STUDI KASUS DI PERUMAHAN GRAHAYASA RT 10 BANGUN JIWO KASIHAN BANTUL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN WANITA KARIER DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK (STUDI KASUS DI PERUMAHAN GRAHAYASA RT 10 BANGUN JIWO KASIHAN BANTUL))
1420410066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN WANITA KARIER DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK (STUDI KASUS DI PERUMAHAN GRAHAYASA RT 10 BANGUN JIWO KASIHAN BANTUL))
1420410066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebutuhan di dalam keluarga semakin meningkat, sehingga menjadikan para wanita atau istri ikut serta berperan dalam mencari nafkah. Sebagian masyarakat berpendapat bahwa tanggung jawab seorang ibu adalah membimbing dan mendidik anaknya. Ada anggapan bahwa wanita karier tidak mampu menerapkan nilai karakter pada anak dikarenakan kesibukannya dalam berkarier. Berdasarkan pada fenomena tersebut, peneliti ingin mengkaji sejauh mana peranan wanita karier terhadap pendidikan karakter anak. Penelitian ini dilakukan di Perumahan Grahayasa Bangun Jiwo Kasihan Bantul khususnya RT 10 dikarenakan perumahan merupakan salah satu pemukiman yang menggunakan budaya urban. Selain itu di perumahan juga terdapat lebih banyak wanita yang bekerja. Berbagai profesi yang dilakukan oleh para wanita karier diantaranya menjadi PNS Guru SMP, pegawai kantor Dinas Pendidikan, Perawat di RSUP Dr. Sardjito, pegawai hotel di hotel Inna Garuda Malioboro serta ABRI yang bertugas di Anjenrem 072. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang 1) peran wanita karier 2) pendidikan karakter anak mereka 3) tantangan dan peluang wanita karier dalam pendidikan karakter anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Pemilihan subyek dilakukan dengan purposif sampling yaitu para wanita karier di Perumahan Grahayasa BangunJiwo Kasihan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pengambilan data informan dengan mengambil wanita karier yang tinggal di Perumahan Grahayasa RT 10 Bangun Jiwo Kasihan Bantul yang berjumlah sebanyak 7 orang. Proses analisis data dilakukan dengan data reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter menurut Thomas Lickona. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat beberapa peran yang harus dilakukan oleh wanita karier diantaranya, yaitu sebagai pekerja profesional, sebagai istri dan sebagai ibu. 2) Nilai karakter yang dimiliki anak para wanita karier diantaranya memiliki sikap religious, mampu bersikap mandiri, jujur selalu membiasakan hormat dan santun, disiplin serta memiliki kepedulian sosial. 3) Seorang wanita karier yang hanya memiliki keterbatasan waktu bersama anak-anak, tidak menjadi penghalang dalam penanaman pendidikan karakter kepada anak. Mereka dapat menggunakan waktu singkat dengan baik sehingga nilai karakter dapat diserap dengan mudah oleh anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemunah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peran, Wanita Karier, Karakter
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:38
Last Modified: 22 Nov 2016 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22649

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum