NILAI-NILAI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK AMANAH HUSADABANGUNTAPAN BANTUL

ZAINAL ARIFIN, NIM. 1420410094 (2016) NILAI-NILAI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK AMANAH HUSADABANGUNTAPAN BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK AMANAH HUSADABANGUNTAPAN BANTUL)
1420410094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMK AMANAH HUSADABANGUNTAPAN BANTUL)
1420410094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Zainal Arifin, 1420410094, NIlai-Nilai Humanistik dalam Pembelajaran Agama Islam di SMK Amanah Husada Banguntapan Bantul. Setiap peserta didik memiliki keunikan dan kreatifitas yang berbeda-beda. keunikan dan kreatifitas ini harus mampu diolah oleh pendidik agar supaya peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan menerapakan nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran agama islam. Dalam proses belajar mengajar, peserta didik bukan menjadi objek yang hanya menerima pesan, diam, tidak aktif dengan bertanya, dan menoton tetapi pesarta didik merupakan subjek yang dapat berkreasi dengan cara-cara kreatif dalam pembelajaran sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Tidak jarang ditemukan dilapangan berbagai kegiatan pembejaran yang konvesional sehingga peserta didik tidak berkreasi dengan baik Dalam penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai humanistik yang terdapat dalam pembelajaran agama islam di SMK Amanah Husada Banguntapan Bantul untuk menjawab problem (1) apa saja nilai-nilaihumanistik dalam pembelajaran agama islam di SMK Amanah Husada Banguntapan Bantul, (2) bagaimana aplikasi nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran agama islamdi SMK Amanah Husada Banguntapan Bantul, dan (3) apasaja faktor pendukung dan penghambat aplikasi nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran agama islam di SMK Amanah Husada Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan trianggulasi. Hasil peneliti menunjukkan; Pertama, nilai-nilai humanistik dalam pembelajaran agama islam di SMK Amanah Husada Banguntapan Bantul adalah nilai toleransi,nilai kejujuran,nilai demokrasi,nilai nasionalisme, peduli lingkungan,peduli sosial, dan berbaik sangka kepada orang lain. Kedua, di Perankan, (1) nilai toleransi diperankan dengan memberikan kebebasan kepada peserta didik yang berbeda keyakinan untuk mengikuti pembelajaran agama islam. (2) nilai kejujuran diperankan dengan mengoreksi soal bersama di dalam kelas, (3) nilai demokratisdiperankan dengan memberi kebebasan kepada peserta didik untuk mengeskpresikan ide-ide dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode bervariasi seperti metode diskusi, (4) nilai nasionalisme diperankan dalam bentuk kegiatan upacara bendera, perayaan hari islam dan Hari Besar Nasional,(5) peduli lingkungan diperankan dengan kegiatan menjaga kebersihan kelas, lingkungan sekolah, dan membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jadwal masing-masing kelas,(6) peduli sosial yang diterapkan dengan mendoakan orang tua masing-masing dan siswa yang sakit sebelum pembelajaran dimulai, dan infak sosial yang diadakan oleh pihak lembaga bekerja sama dengan GSNI,(7) berbaik sangka kepada orang laindiperankan dengan merubah tempat duduk peserta didik setiap dua minggu sekali sebelum memulai pelajaran. Ketiga, Adapunfaktor pendukung aplikasi nilai-nilai humanistik dalam viii pembelajaran agama islam adalah adanya media pembelajaran yang lengkap dan memadahi, kelas yang nyaman, dan dinamika peserta didik yang beragam kepercayaan. Sedangkan faktor penghambat adalah jumlah guru agama islam yang kurang memadahi dan jumlah peserta didik yang terlalu banyak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr Sabaruddin, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Nilai, Humanistik, dan Pembelajaran Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:48
Last Modified: 22 Nov 2016 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum