EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

SRI MURYANI, SPD, NIM. 1420410098 (2016) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420410098_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BANTUL KOTA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420410098_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok berbasis Islam untuk mengurangi perilaku agresif pada siswa MTs Negeri Bantul Kota Tahun 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni menggunakan konseling rational emotive behaviour therapy dalam mengurangi perilaku agresif pada siswa MTs N Bantul Kota. Teknik Purposive sampling digunakan untuk memperoleh subyek penelitian yang mengalami perilaku agresif tinggi. Subyek Penelitian adalah siswa MTs N Bantul Kota yang berjumlah 8 (delapan) orang yang mengalami agresivitas tinggi. Konseling kelompok berlangsung dalam 4 (empat) sesi dan setiap sesinya berlangsung sekitar 60 menit sampai 90 menit. Penelitian ini dirancang menggunakan one group pre-test and post-test design (desain perlakuan ulang) dengan mengukur sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Pengukuran perilaku agresif dilakukan dengan menggunakan skala perilaku agresif adopsi dari skala perilaku agresif Buss & Perry dengan modifikasi. Skala dimodifikasi dalam model skala Likert yang dikalibrasikan dengan uji validitas dan koefisien reliabilitas. Uji Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien Alpha Cronbach. Sedangkan uji persyaratan analisis untuk normalitas sebaran populasi memakai uji Kolmogrov-Smirnov. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis Uji Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rangk Test). Uji analisis dihitung dengan bantuan program SPSS for windows seri 19. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Konseling kelompok terbukti efektif mengurangi perilaku agresif dari kategori tinggi (pre-test) menjadi kategori rendah (post-test) setelah perlakuan. Hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh berupa pengurangan perilaku agresif siswa antara skor pre-test dan posttest dengan nilai sign = 0,011; p 0.05. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok berbasis Islam efektif digunakan untuk mengurangi perilaku agresif siswa MTs N Bantul Kota.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr,Moh.Anis,M.A,
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok,berbasis Islam, perilaku agresif
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:52
Last Modified: 22 Nov 2016 15:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22657

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum