PENGARUH PROGRAM PEMBERDAYAAN RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU RELIGIUSITAS ANAK JALANAN

FAQIH MUBAROK, NIM. 09540025 (2016) PENGARUH PROGRAM PEMBERDAYAAN RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU RELIGIUSITAS ANAK JALANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROGRAM PEMBERDAYAAN RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU RELIGIUSITAS ANAK JALANAN)
09540025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROGRAM PEMBERDAYAAN RUMAH SINGGAH ANAK MANDIRI YOGYAKARTA TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU RELIGIUSITAS ANAK JALANAN)
09540025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Merebaknya anak jalanan menjadi permasalahan yang sangant kompleks yang perlu mendapatan banyak perhatian serius dari semua pihak, baik keluarga, masyarakat, maupun pemerintah. Pada saat ini penanganan anak-anak jalanan mulai digiatkan dengan baik. Tidak hanya dari pihak pemerintah saja, namun penanganan dari LSM, organisasi mahasiswa atau bahkan perseorangan. Namun penanganan tentunya tidak hanya mencakup usaha yang bersifat pencegahan dan pengembangan. Hak memperoleh pendidikan dan pengakuan harga diri juga perlu diperhatikan. Hal tersebut menarik penulis untuk mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Apa saja bentuk program pemberdayaan anak jalanan di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta?.(2) Bagaimana pengaruh program pemberdayaan terhadap pembentukan perilaku religiusitas anak jalanan di Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta? Dalam penelitian ini digunakan metodologi penelitian dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sedangkan sumber data utama yaitu wawancara dengan anak jalanan, Pengurus Bidang Pendampingan, dan Kepala Rumah Singgah. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian disimpulkan bahwa: Bentuk kegiatan pemberdayaan meliputi pembelajaran mata pelajaran formal, pendampingan, kunjungan rumah, penjangkauan, beasiswa, keterampilan hidup perempuan, pendidikan layanan khusus, koalisi anak jogja. Sedangkan pengaruh program pemberdayaan terhadap pembentukan perilaku religiusitas anak jalanan adalah memalui dimensi keyakinan, praktek agama, pengalaman, pengetahuan agama dan konsekuensi terhadap Tuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad, S.S., Msi.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Nov 2016 10:56
Last Modified: 23 Nov 2016 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22659

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum