SOLIDARITAS PEMUDA PERKOTAAN DI YOGYAKARTA (KARANG TARUNA DI KAMPUNG RW 01 SURYOWIJAYAN KECAMATAN MANTRIJERON)

HAMID BADAWI HASAN, NIM. 09720016 (2016) SOLIDARITAS PEMUDA PERKOTAAN DI YOGYAKARTA (KARANG TARUNA DI KAMPUNG RW 01 SURYOWIJAYAN KECAMATAN MANTRIJERON). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SOLIDARITAS PEMUDA PERKOTAAN DI YOGYAKARTA (KARANG TARUNA DI KAMPUNG RW 01 SURYOWIJAYAN KECAMATAN MANTRIJERON))
09720016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SOLIDARITAS PEMUDA PERKOTAAN DI YOGYAKARTA (KARANG TARUNA DI KAMPUNG RW 01 SURYOWIJAYAN KECAMATAN MANTRIJERON))
09720016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (866kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi tumbuhnya solidaritas pemuda yang tinggal di perkotaan yang dimanifestasikan dalam bentuk organisasi (kelompok) lokal berupa “KALEPO” (Karang Taruna Ledok Ponco Kusumo). Organisasi bernama KALEPO terbentuk karena adanya permasalahan konflik masyarakat kaum borjuis (kaya) yang memandang rendah masyarakat ploretar (miskin), sehingga menimbulkan ketidak haromisan di Kampung RW 01 Suryowijayan. Terbentuknya KALEPO untuk mengatasi problema keharmonisan, dibantu dengan partisipasi masyarakat, yang didorong dengan adanya kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh KALEPO. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat dan menganalisis bagaimana asosiasi bernama KALEPO terbentuk dan mengapa solidaritas yang terjadi menjadi begitu tinggi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teori solidaritas sosial. Informan dalam penelitian ini adalah duabelas orang dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu informan yang diambil dianggap paling memahami dengan konteks penelitian ini. Duabelas informan yang dipilih diantaranya, ketua RW 01 Suryowijayan, tokoh masyarakat, KALEPO dan masyarakat Kampung RW 01 Suryowijayan itu sendiri. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi, serta menggunakan deskriptif-analitik sebagai metode analisis data. Peneliti mengambil metode pengumpulan data, menggunakan metode analisi data, meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa solidararitas Karang Taruna bernama KALEPO di Kampung RW 01 Suryowijayan karena adanya kebersamaan yang terjalin sejak lama dan kondisi lingkungan masyarakat mayoritas beragama Islam. Solidaritas terbangun melalui kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh KALEPO, antara lain Bazzar murah, peringatan Hari Raya Nasional, kegiatan santai, dan keagamaan. Kegiatan tersebut untuk menumbuhkan solidaritas tanpa adanya perbedaan sosial baik anggota KALEPO dan masyarakat Kampung RW 01 Suryowijayan. Terdapatnya solidaritas mekanik dan organik, solidaritas mekanik menekankan kebersamaan yang terbangun sejak lama, dan solidaritas organik menekankan pada pembagian tugas yang saling ketergantungan dalam melaksanakan kegiatan. Partisipasi masyarakat memiliki peran penting dalam menyukseskan kegiatan yang diadakan oleh KALEPO. Dukungan masyarakat terhadap kegiatan karena menciptakan keakraban dan keceriaan, sehingga sampai sekarang eksistensi KALEPO di Kampung RW 01 Suryowijayan sangat penting untuk meningkatkan solidaritas sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Yayan Suryana, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: organisasi, solidaritas, KALEPO
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Nov 2016 09:01
Last Modified: 23 Nov 2016 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum