PENERAPAN MEDIA BALOK DAN BERMAIN PERAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KUNTUM MEKAR 2 BANDAR LAMPUNG

LELI FERTILIANA DEA, NIM : 1420431009 (2016) PENERAPAN MEDIA BALOK DAN BERMAIN PERAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KUNTUM MEKAR 2 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA BALOK DAN BERMAIN PERAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KUNTUM MEKAR 2 BANDAR LAMPUNG)
1420431009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA BALOK DAN BERMAIN PERAN DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KUNTUM MEKAR 2 BANDAR LAMPUNG)
1420431009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latarbelakang masalah yang mendorong penelitian ini bahwa penerapan media balok dan metode bermain peran dapat mengembangkan aspek kognitif dan aspek sosial emosional pada anak usia dini, TK adalah tempat yang tepat untuk penerapan media balok dan metode bermain peran. Oleh karena itu TK dijadikan wadah yang tepat untuk menerapkan media balok dan metode bermain peran dalam pengembangan kognitif dan sosial emosional anak usia dini . Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pegunaan media balok dalam pengembangan kognitif dan sosial emosional anak di TK Kuntum Mekar 2 Bandar Lampung, (2) untuk mengetahui penerapan metode bemain peran dalam pengembangan kognitif dan sosial emosional anak di TK Kuntum Mekar 2 Bandar Lampung, (3) untuk mengetahui keberhasilan penerapan media balok dan metode bermain peran dalam pengembangan kognitif dan sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, datanya didapat melalui observasi untuk mengetahui data awal penerapan media balok dan penerapan bermain peran, wawancara untuk mendapatkan data dalam kondisi perkembangan kognitif dan sosial emosional anak usia dini, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan disimpulkan. Dari analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : Pertama, Penerapan media balok di TK Kuntum Mekar 2 Bandar Lampung berhasil. Menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (a) Guru menyiapkan alat-alat. (b) Guru mengabsen anak-anak yang hadir. (c) Guru menerangkan cara bermain balok. (d) Anak membangun dengan balok dan guru hanya mengawasi. Kedua, Penerapan bermain peran di TK Kuntum Mekar 2 Bandar Lampung berhasil. Dengan penerapan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (a) Guru mengumpulkan anak untuk diberi pengarahan dan aturan dalam permainan, (b) Guru membicarakan alat-alat yang akan digunakan, (c) Guru membagikan tugas kepada anak. Ketiga, Keberhasilan penerapan media balok dan metode bermain peran dalam pengembangan kognitif dan sosial emosional anak usia dini dibuktikan dengan anak berkembang sesuai harapan, seperti anak mampu mengenal benda berdasarkan fungsi, anak mampu mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran, anak mampu mengenal pola ABC, anak mampu mengenal konsep bilangan, anak mampu membilang banyak benda 1-10 dan anak mampu bersikap kooperatif dengan teman, anak mampu mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat, anak mampu memahami peraturan dan disiplin dan anak mampu menunjukkan sikap empati. Kata Kunci : Media Balok, Metode Bermain Peran, Kognitif dan Pengembangan Sosial Emosional

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Media Balok, Metode Bermain Peran, Kognitif dan Pengembangan Sosial Emosional
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Dec 2016 08:15
Last Modified: 13 Dec 2016 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22667

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum