PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI KETELADANAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA DI TK SULTAN AGUNG YOGYAKARTA

FERDIAN UTAMA, NIM: 1420431011 (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI KETELADANAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA DI TK SULTAN AGUNG YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI KETELADANAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA DI TK SULTAN AGUNG YOGYAKARTA)
1420431011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI KETELADANAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA DI TK SULTAN AGUNG YOGYAKARTA)
1420431011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah dari kegelisahan penulis mengenai motivasi belajar anak yang kian hari semakin menurun. Penulis mencari cara bagaimana caranya untuk meningkatan motivasi belajar anak melalui keteladanan guru dan pola asuh orang tua. Penelitian ini dilakukan pada jenjang anak usia dini, dalam pendidikan anak usia dini adalah proses pendidikan sebagai pondasi untuk keberlangsungan kedepannya dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, dan sebagai agen perubahan untuk memimpin bangsa kedepannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, ex post facto yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti pristiwa yang terjadi kemudian merunut kebelakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Teknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis gunakan adalah menetukan subyek secara terpilih dari hasil observasi, karena mereka yang memahami, mengalami dan melakukan, adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Implikasi dari penelitian ini diharapkan sebagai pengelola pendidikan, kepala sekolah, guru dan orang tua memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan anak khususnya motivasi anak dalam belajarnya, karena dari anak termotivasi maka anak rajin dan giat dalam belajarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keteladanan yang dilakukan guru dalam peningkatan motivasi belajar anak adalah dengan selalu mencontohkan dari materi yang akan disajikan, memberikan keteladanan perkataan dan perbuatan yang baik, dan menceritakan cerita dari tokoh, Nabi dan Rasul. Selalu mengucapkan salam, berdo’a ketika memulai pembelajaran. Kemudian memberikan pola asuh demokratis terhadap anak. Selanjutnya memberikan hadiah kepada anak. Keseluruhannya mendapatkan keberhasilan sesuai yang diharapkan oleh guru dan orangtua, baik berupa karya anak maupun semangat anak dalam belajar, dan prestasi-prestasi yang diraih anak. Kata Kunci: Keteladanan, Pola Asuh, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Keteladanan, Pola Asuh, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2016 08:18
Last Modified: 15 Dec 2016 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum